riau24 Kemlu Akan Investigasi Surat Aduan Diplomat RI di Argentina | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Bocoran Dokumen Kemlu

Kemlu Akan Investigasi Surat Aduan Diplomat RI di Argentina

1
Surat keluhan diplomat berisi penjabaran kepemimpinan duta besar RI di Argentina yang dianggap buruk. (Dok. Istimewa)
Berita Riau -  Kemlu Akan Investigasi Surat Aduan Diplomat RI di Argentina
Jakarta-Riau24.com -- Kementerian Luar Negeri Indonesia akhirnya pada Selasa (22/9) mengakui telah menerima surat aduan para diplomat di Kedutaan Besar RI di Argentina terkait kepemimpinan buruk Duta Besar Jonny Sinaga, dan akan melakukan investigasi menyeluruh terkait hal tersebut.

"Pada tanggal 29 Agustus 2015, Inspektorat Jenderal Kementerian Luar Negeri menerima surat pengaduan yang ditandatangani oleh yang diduga staf KBRI Buenos Aires melalui email resmi Kemlu," ujar pernyataan Kemlu.

Selanjutnya, Kemlu akan mengirim tim klarifikasi untuk mengecek kebenaran dari surat aduan para diplomat tersebut. 
Juru Bicara Kemlu Arrmanatha Christiawan Nasir, mengatakan Irjen Kemlu sendiri sudah memiliki mekanisme untuk menindaklanjuti laporan serupa yang masuk.

“Mekanisme tersebut secara umum dimulai dengan dilakukan investigasi untuk mendapatkan gambaran yang utuh dari pelapor dan yang dilaporkan,” kata Tata, demikian sapaan akrab Arrmanatha, lewat pesan instannya, Selasa.

Dalam investigasi, selain dari pelapor dan terlapor, pihak Kemlu nantinya juga akan meminta keterangan para saksi.

“Selain itu pihak auditor/pemeriksa juga akan meminta keterangan dari saksi lainnya untuk yang mengetahui masalah. Tindakan selanjutnya menunggu hasil dari investigasi Irjen,” lanjut Tata.

Bocoran surat dari para diplomat yang ditujukan kepada inspektur wilayah IV, Inspektorat Jenderal Kementerian Luar Negeri Indonesia, dari sumber yang tidak ingin disebut namanya pekan lalu.

Surat berisi  22 butir permasalahan dalam laporan tujuh halaman ini merinci keluhan para diplomat. Intinya, mereka merasa tertekan secara psikologi atas perlakuan yang diterima dari Dubes Jonny. Bahkan, tulis surat itu, tidak sedikit dari staf yang menderita sakit fisik akibat tekanan batin.

Sementara itu, Dubes RI untuk Argentina Jonny Sinaga mengaku siap menanggung risiko karena merasa telah melakukan tugas yang diembannya dengan sebaik-baiknya. 

"Kita sudah berupaya melakukan yang terbaik. Tujuan kita untuk membantu pemerintah mewujudkan visinya. Tentu di dalam tugas kita harus selalu siap menerima risikonya," ujar Dubes Jonny.

R24/noe/cnnindonesia

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 12 Desember 2017 13:36 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru