riau24 Snowden: Alien Sulit Hubungi Manusia Karena Pesan Enkripsi | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Snowden: Alien Sulit Hubungi Manusia Karena Pesan Enkripsi

0
Edward Snowden ketika berbincang dalam acara StarTalk (sumber : theguardian.com)
Berita Riau -  Snowden: Alien Sulit Hubungi Manusia Karena Pesan Enkripsi

Jakarta-Riau24.comEdward Snowden, mantan anggota NSA yang sekarang menjadi buronan pemerintah Amerika Serikat, baru-baru ini mengungkapkan pendapatnya mengenai alasan manusia tidak pernah bisa berhubungan dengan alien.

Pendapat itu dikemukakannya ketika sedang melakukan wawancara di acara podcast StarTalk, bersama Neil deGrasse Tyson yang lebih dikenal sebagai seorang astrofisikawan.

Dikutip dari laman The Guardian, Rabu (23/9/2015), dalam percakapan yang dilakukan secara jarak jauh itu, Snowden awalnya menceritakan mengenai kiprahnya di dunia militer AS, namun lama-lama percakapan tersebut malahan beralih ke pembahasan enkripsi data yang mungkin membuat manusia sulit untuk berkomunikasi dengan alien.

Salah satu alasan komunikasi manusia selalu gagal dengan alien kemungkinan besar dikarenakan pesan yang dikirimkan oleh para alien merupakan pesan yang telah terenkripsi, sehingga sangat sulit untuk dikenali dan dibedakan dari gelombang radiasi.

Snowden beralasan bahwa akan sangat sulit untuk memisahkan pesan yang telah terenkripsi dengan baik sebab sulit untuk memisahkannya dari perilaku acak.

Snowden juga menambahkan bahwa mungkin manusia dan alien sebagai masyarakat telah menjadi semakin canggih. Sehingga, ada perubahan dalam hal komunikasi dari yang sebelumnya menggunakan komunikasi terbuka menjadi komunikasi terenkripsi.

"Jika manusia bermaksud untuk mendengarkan alien atau peradaban lainnya, dan begitu juga sebaliknya apabila ada alien atau peradaban lain yang ingin mendengarkan manusia, maka keduanya harus menggunakan komunikasi yang dikirimkan melalui sarana yang paling kuno dan tidak terlindungi," tutup Snowden. 

Pernyataan Snowden agaknya sedikit berbeda dengan pernyataan salah satu ilmuwan senior di SETI yang mengungkapkan alasan manusia belum bisa melakukan kontak akibat keterbatasan teknologi yang dimiliki manusia. 

Snowden sendiri saat ini masih hidup di Rusia setelah sebelumnya mendapatkan suaka dari pemerintah tersebut pada tahun 2013, dikarenakan ia menjadi buronan Amerika Serikat akibat dianggap telah membocorkan program rahasia milik pemerintah.

R24/noe/liputan6 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru