riau24 Kelompok Nelayan Ikan Lele Rohil Binaan Chevron Panen Raya Perdana | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Kelompok Nelayan Ikan Lele Rohil Binaan Chevron Panen Raya Perdana

0
Kelompok Nelayan Ikan Lele di Rohil Binaan Chevron Lakukan Panen Raya Perdana
Berita Riau -  Kelompok Nelayan Ikan Lele Rohil Binaan Chevron Panen Raya Perdana

Rohil-Riau24.com-Kelompok Bersama Nelayan Sejahtera binaan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) di Kecamatan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, melakukan panen raya perdana 10.000 ikan lele.

Acara tersebut berlangsung di Desa Sungai Rangau Selasa (22/9/2015) dihadiri oleh Sekretaris Camat Rantau Kopar Samsuir S.Sos, Kepala Desa Sungai Rangau April Mandiri, S.Sos, Ketua Kelompok Masyarakat Bersama Nelayan Sejahtera Parnen, manajemen CPI dan perwakilan Yayasan Sahabat Cipta sebagai mitra pendamping pada program tersebut.

Senior Government Relations Specialist,Manajemen CPI Fakhri Zein memaparkan ikhwal pemilihan pengembangan ekonomi melalui budidaya ikan lele. Keputusan itu diambil berdasarkan latar belakang masyarakat Kecamatan Rantau Kopar yang berprofesi sebagai petani dan nelayan. Fakhri juga menyebutkan bantuan bibit ikan di lokasi lain, yakni di Kecamatan Tanah Putih Sedinginan, yang diberikan bibit ikan patin.

"Semoga dengan begitu, tiap-tiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing," jelas Fakhri dalam sambutannya.

Bantuan bibit ikan lele selaras dengan program pemerintah khususnya ekonomi kerakyatan. Hasil program tersebut diharapkan dapat menambah penghasilan kelompok nelayan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Pemberian bibit ikan lele merupakan bagian dari program investasi sosial terintegrasi dan berjangka panjang yang diprakarsai oleh Chevron: Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access (PRISMA).

Melalui Program PRISMA, Chevron berkontribusi terhadap pengembangan potensi lokal menuju terciptanya masyarakat yang mandiri. Bidang yang menjadi fokus aktivitas adalah pertanian terpadu, kluster usaha kecil dan akses permodalan skala mikro.

Chevron dan mitra pelaksana program melakukan pembinaan, penyebaran peralatan pendukung program dan pendampingan di lapangan guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menjalankan usaha.

Program PRISMA yang dijalankan di seluruh operasi Chevron di Indonesia, saat ini sudah bergulir di beberapa kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai.

Program yang sudah berjalan meliputi peternakan sapi, ayam petelur, burung puyuh petelur, usaha rumah tangga keripik nanas, budidaya ikan dan beberapa sektor lainnya.Program ini diharapkan mampu berkembang dan bersaing di tingkat lokal maupun nasional.

Sementara itu kepala Desa Rantau Kopar atas nama pemerintah kabupaten Rokan Hilir mengucapkan terima kasih kepada PT Chevron yang telah membantu desa kami dalam pembinaan dan mengembangkan petani nelayan dengan memberi bibit ikan kepada masyarakat desa,program prisma ini akan kami manfaatkan dengan sesungguhnya "kata april mandri

Oleh karena baru pertama kali panen ikan lele tersebut" ia juga berharap kepada masyarakat untuk lebih sungguh sungguh mengikuti program bantuan ini paling tidak dapat menambah ekonomi penghasil warga didesa ini " kata April.

R24/mrd/syofyan/release

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru