riau24 Pemkab Rohil Tingkatkan SDM Guru dan PNS | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Melalui Kuliah Di UT

Pemkab Rohil Tingkatkan SDM Guru dan PNS

0
Plt. Sekda Rohil, Drs. Surya Arfan, M.si
Berita Riau -  Pemkab Rohil Tingkatkan SDM Guru dan PNS

Rohil-Riau24.com-Beberapa orang yang tergabung dalam Perwakilan Universitas Terbuka (UT) dari Jakarta berkesempatan berkunjung ke Rokan Hilir (Rohil), Selasa (22/9/2015) kemarin. Kunjungan tersebut bertujuan mensosialisasikan rencana pembukaan kelas baru perkuliahan S1 dan S2 bagi guru, pegawai dan masyarakat umum di Rohil.

Sosialisasi tersebut disambut baik pemerintah daerah setempat karena bermanfaat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sosialisasi dipusatkan dilantai 4 kantor Bupati yang dihadiri oleh Perwakilan UT Jakarta, Dr. Suparman Chalil,M.Si.

Pada kesempatan itu, Plt Sekda Drs H Surya Arfan, mengatakan selama ini Univesitas Terbuka sudah ada di kabupaten Rokan Hilir di kelola Unit Pengelola Jarak Jauh (UPJJ) Pekanbaru, namun kali ini langsung dari UT Pondok Cabe Jakarta.

Pemkab Rohil berharap agar seluruh SKPD, baik camat dan UPTD lain untuk mendaftarkan para stafnya mengikuti kuliah. Hal ini merupakan satu peluang bagi PNS maupun para honorer karena sangat sulit sekali untuk mendapatkan perkuliahan meskipu sudah perguruan tinggi sebelumnya seperti Fakultas Agama Islam, STAI Ar Ridha, STIT Dar Aswaja di Bagansinembah, STAIR tetpi belum bisa menjawab kebutuhan SDM daerah untuk mandapatkan gelar kesarjanaan.

Surya Arfan mengaku mendapat SMS dari sejumlah awak media yang menanyakan kebenaran sanksi bagi guru yang belum S1, sanksi itu diakui kebenarannya berdasarkan ketentuan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, diantaranya tidak dapat tunjangan lagi.(gaji) bagi guru honorer yang belum Strata I. “Sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 itu bahwa guru yang tidak S1 tahun 2015 ini, tidak akan dapat tunjangan lagi,” katanya megakui.

Terkait dengan hal itu, Pemkab Rohil menyatakan itu belum harga mati, mengapa? “Sebelum pemerintah siap mengatasi sekolah-sekolah yang ada masih minim ketersediaan tenaga pengajarnya, tak mungkin itu dilakukan secara serentak,” katanya.

Selain memberikan pemahaman tentang UU tentang guru dan dosen ini, diakui Sekda, Pemkab Rohil akan menginventarisir mahasiswa-mahasiswa UT yang pernah kuliah tetapi belum selesai.

Berdasarkan hasil kunjungan perwakilan UT kali ini, akan dibuka kelas belajar mulai FKIP, Fisipol serta fakultas lain dengan tiga rayon, Rayon Bangko, untuk mengakomodir mahasiswa dari Kecamatan Sinaboi, Batu Hampar, Bangko dan Pasir Limau Kapas.

Rayon II di Ujung Tanjung, untuk mengakomodir peminat dari Kecamatan Pujud, Tanjung Medan, Tanah Putih, Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang,Kubu dan Kubu Babussalam.

Sedangkan Rayon III di Baganbatu, mengakomodir Kecamatan Bagansinembah yang terdiri dari Bagansinembah Raya dan Balai Jaya dan Simpang Kanan.“Kita minta pada Pak Camatnya dan Kepala UPTD untuk segera membuka pendaftaran bagi mereka yang sudah bekerja diatas 5 tahun, baik itu sebagai tenaga administrasi di pemerintahan maupun sebagai guru atau pendidik," tandasnya.

R24/mrd/syofyan

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru