riau24 Ketua DPR: Penyelenggaraan Haji Perlu Libatkan Indonesia | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Ketua DPR: Penyelenggaraan Haji Perlu Libatkan Indonesia

1
Ketua DPR RI Setya Novanto (kanan) didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon (kiri) saat memberi keterangan soal pertemuan dengan Donald Trump di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (14/9)( FOTO/M Agung Rajasa)
Berita Riau -  Ketua DPR: Penyelenggaraan Haji Perlu Libatkan Indonesia

Jakarta-Riau24.com -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto berpendapat penyelenggaraan haji seharusnya turut melibatkan Indonesia, dan bukan hanya menjadi tanggung jawab otoritas Arab Saudi.

Pernyataan itu ia lontarkan menanggapi insiden kemarin di Mina yang menewaskan ratusan orang jemaah haji.

"Sudah waktunya penyelenggaraan ibadah haji harus melibatkan seluruh negara di dunia, khususnya negara dengan penduduk Islam terbesar seperti Indonesia, agar dapat meminimalisasi insiden seperti yang terjadi di Mina kemarin," kata Setya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima CNN Indonesia.

Ia mengatakan akan menyampaikan langsung ide tersebut kepada Raja Arab Saudi, Raja Salman, yang mengundangnya dalam pertemuan hari ini pukul 13.30 waktu setempat.

"Secara khusus, saya juga mendesak Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang terdiri dari negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim untuk mengambil tindakan penanganan yang diperlukan dalam merespons insiden Mina. Apalagi kita ketahui bahwa Sekjen OKI saat ini, Iyad bin Amin Madani, berasal dari Arab Saudi," tuturnya.

Lebih lanjut, Setya mengatakan pihaknya telah mendatangi lokasi insiden dan beberapa rumah sakit untuk mengecek jemaah haji asal Indonesia yang dikabarkan berada di sana.

"Di rumah sakit, saya bertemu dengan salah satu jemaah haji asal Indonesia bernama Ati Royati Klotet 61 Banjar, yang terluka pada bagian kaki karena terinjak-injak oleh ratusan jemaah haji lainnya saat insiden Mina terjadi," katanya.

Setya juga mengatakan dirinya sudah bertemu dengan jemaah lainnya di antaranya Namin Selamat Kloter 62, Cuyinah Matab, Soeritno Wati asal Nganjuk Kloter 56, Sukarmin dari Kloter 1 Lombok Barat, dan jemaah haji lainnya yang ada di rumah sakit tersebut. 

"Selain menjadi korban insiden Mina, beberapa jemaah kita juga dirawat karena menderita dehidrasi dan diare saat mengikuti rangkaian ibadah haji," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terjadi tragedi saling dorong di Mina kemarin pagi pukul 07.30 waktu setempat di jalan 204. Saat berjalan menuju tempat melontar jumrah, sekelompok jemaah tiba-tiba berhenti sehingga aksi saling dorong.

Akibatnya 717 orang tewas dan 863 lainya terluka. Tercatat ada tiga orang jemaah haji asal Indonesia yang tewas dalam kejadian ini.

R24/noe/cnnindonesia

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 25 Oktober 2017 17:17 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/03OdNcZ.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru