riau24 Kapal Produksi RI Diekspor ke Filipina | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kapal Produksi RI Diekspor ke Filipina

0
(Foto: Antara)
Berita Riau -  Kapal Produksi RI Diekspor ke Filipina

Jakarta-Riau24.com - Industri galangan kapal nasional ternyata telah mampu mengekspor produknya untuk keperluan pasar di negara lain selain membangun kapal untuk kebutuhan dalam negeri.

Direktur Teknologi dan Industri Pertahanan, Kementerian Pertahanan, Brigjen Jan Pieter Ate menuturkan PT PAL Indonesia yang berlokasi di Jawa Timur tengah menyelesaikan dua kapal jenis landing platform pesanan Filipina.

"Delivery-nya pada Desember tahun ini. Ini menunjukkan, industri perkapalan kita mendapat manfaat dari transfer teknologi dan kini mampu mengekspor," ujar Jan Pieter dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (26/9/2015).

Sementara itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan agar kapal-kapal produksi industri galangan kapal di Indonesia lebih diminati oleh negara lain, maka harus unggul dalam dalam hal desain.

Untuk itu, pihaknya akan mendorong pemberdayaan Pusat Desain dan Rekayasa Perkapalan Nasional atau National Design and Engineering Center (NaSDEC) yang berada di Surabaya, Jawa Timur.

Fasilitas desain perkapalan ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Perindustrian(Kemenperin) dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya.NaSDEC yang berdiri sejak 2006 diproyeksikan mampu mendesain kapal-kapal tipe khusus seperti tanker, LNG carrier dan lain-lain.

"Pusat desain ini perlu dioptimalkan lagi, sehingga setiap ingin membangun kapal tidak harus mendesain dari awal. Manfaatnya biaya lebih hemat dan lebih singkat pengerjaannya," kata dia.

Sementara terkait investasi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, pemerintah akan terus mendorong penanaman modal di bidangindustri galangan kapal dan sekaligus investasi di industri komponen kapal."Untuk itu perlu regulasi yang memacu industri perkapalan termasuk regulasi fiskal, zonasi, dan pembiayaan yang lebih murah," tutur Franky.

R24/noe/liputan6 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru