riau24 Indonesia Siap Geser Brasil Jadi Eksportir Kopi Terbanyak | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Indonesia Siap Geser Brasil Jadi Eksportir Kopi Terbanyak

0
Biji kopi hasil perkebunan Yuridulloh di Desa Kucangan, Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. (Foto : Tri Wahyuni)
Berita Riau -  Indonesia Siap Geser Brasil Jadi Eksportir Kopi Terbanyak

Jakarta-Riau24.com -- Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sesumbar mampu menggeser Brasil sebagai penyuplai kopi terbanyak di dunia.

Untuk merealisasikan target tersebut, jajaran Kementerian yang dipimpin oleh Thomas Trikasih Lembong tersebut berencana menggenjot besaran eskpor kopi ke negara-negara tujuan seperti Italia dan Amerika Serikat.

"Indonesia harus bisa menjadi penyuplai kopi peringkat pertama dunia," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN), Nus Nuzulia Ishak akhir pekan kemarin.

Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia berada di peringkat lima dari deretan negara-negara pengekspor kopi terbanyak di dunia setelah Brasil, Vietnam, Kolombia, dan Jerman.

Sementara dalam lima tahun terakhir, angka ekspor kopi Indonesia ke Italia terus mengalami peningkatan sekitar 10,14 persen.

Bahkan, di sepanjang periode Januari hingga Juni 2015 realisasi angka kopi Indonesia telah menyentuh angka US$ 69,64 juta atau meningkat 65,86 persen ketimbang posisinya di periode yang sama tahun lalu US$ 44,21 juta.

Berangkat dari hal tersebut Kementerian Perdagangan akan terus melakukan sosialisasi mengenai produk kopi olahan Indonesia.

"Budaya minum kopi begitu erat di Italia. Kita (akan terus) kenalkan racikan kopi terbaik nusantara. Kemudia pasar kopi yang begitu tinggi ini hendak kita rebut dan alihkan dari biji kopi menjadi kopi olahan," tutur Nus.

Gencar Lakukan Sosialisasi

Menyusul adanya target untuk menggeser Brasil sebagai eksportir terbanyak kopi dunia, Nus bilang Kementerian Perdagangan tengah melakukan upaya sosialisasi kopi nusantara bersama Asosiasi Eksportir Kopi (GAEKI).

Ia berharap, dengan adanya upaya sosialisasi ini sejumlah kalangan mulai dari importir, roastersbarristas sampai pemilik kedai dan penikmat kopi dari Italia mampu mengenal lebih detil menyoal kekhasan kopi nusantara meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Flores hingga Papua.

R24/noe/cnnindonesia

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru