riau24 Bakal 'Diserbu' Investor Timur Tengah, Jokowi Siapkan Paket Investasi | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Bakal 'Diserbu' Investor Timur Tengah, Jokowi Siapkan Paket Investasi

0
Berita Riau -  Bakal 'Diserbu' Investor Timur Tengah, Jokowi Siapkan Paket Investasi

Jakarta-Riau24.com -Hasil kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu ke Timur Tengah sepertinya membuahkan hasil. Pekan ini, Indonesia akan kedatangan banyak investor dari Timur Tengah, mulai dari sektor energi, pariwisata hingga makanan dan minuman. 

Demikianlah disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, usai rapat dengan Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/9/2015). Jokowi meminta Sudirman agar menyiapkan kedatangan para investor tersebut.

"Minggu ini akan datang utusan dari Abu Dhabi. Ada yang datang dari Aramco. Nah sebelum mereka datang mem-follow up kunjungan presiden ke Timur Tengah, kita ingin menyiapkan konsep rencana kerja masih mengenai projek yang akan ditawarkan kepada mereka," jelas Sudirman. 

Untuk sektor energi, beberapa proyek yang akan ditawarkan antara lain adalah kilang minyak, tempat penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau storage dan lainnya. Sudirman juga meminta PT Pertamina (Persero) untuk medukung persiapan proyeknya.

"Ekspektasi presiden bagaimana soal kita memperkuat kehadiran investor dari Timur Tengah ke Indonesia, salah satunya Aramco tentu sudah bicara dengan Pertamina dan ini mereka akan masuk ke energi tentunya," terang Sudirman.

Sementara di sektor pariwisata. Sudirman masih belum dapat mengungkapkan lebih lanjut, karena nanti akan melibatkan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Kemudian adalah sektor makanan yang sekarang ternyata banyak investor dari Timur Tengah sudah berinvestasi di Thailand.

"Bahkan yang menarik juga masuk ke food, rupanya negara-negara Timur Tengah mengunakan Thailand sebagai hub-nya produk halal, hebat nggak tuh. Kita berpikir kalau bisa kita jadi hub produk halal mereka. Dan kita kan punya segala macam jenis makanan. Beras mereka butuh dan hal-hal ini yang sedang kita gali lagi," paparnya.

Sementara paket insentif yang disiapkan nanti akan disiapkan tergantung pada proyek yang diminati dan kebutuhan dari investor. Sudirman menjadi pimpinan tim pertemuan investor tersebut dan nantinya akan dibantu oleh beberapa Kementerian terkait lainnya.

"Tugas saya menjembatani bisnis antar kedua negara kawasan Indonesia dan Timur Tengah. Nanti akan ada tim yang akan kerja menginformasi, membantu kelancaran perizinan dan bagaimana mereka bisa memilih mitra yang kredibel dan segala macam," tutup Sudirman.

R24/noe/detik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru