riau24 Pelalawan-Siak Masih Sengketakan Tapal Batas | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pelalawan-Siak Masih Sengketakan Tapal Batas

1
Sengketa Tapal Batas
Berita Riau -  Pelalawan-Siak Masih Sengketakan Tapal Batas

Pelalawan-Riau24.com-Hingga kini penyelesaian sengketa tapal batas antara kabupaten Pelalawan dengan kabupaten Siak belum tuntas. Pasalnya,penyelesaian tapal batas Pelalawan-Siak masih bersengketa pada ruas jalan lintas Timur sepanjang 158 KM.

Informasi itu diungkapkan Asisten I Pemkab Pelalawan Drs Zulhelmi melalui Kabag Tapem Pemkab Pelalawan Novri Wahyudi S.Sos kepada Riau24.com saat ditemui di ruangkerjanya baru-baru ini di Pangkalan Kerinci.

Novri Wahyudin menjelaskan untuk penyelesaian sengketa tapal batas Pelalawan-Siak masih tahap perundingan antara masyarakat di Perbatasan setingkat kecamatan. "Tapi kemungkinan proses penyelesaiannya bakal memakan waktu agak panjang karena begitu banyaknya titik lokasi perbatasan yang disengketakan untuk dituntaskan oleh kedua kabupaten," terang Novri Wahyudi.

Menurut Novri, kalau kondisi pendataan di berbagai titik lokasi disengketakan oleh masyarakat di kedua perbatasan, di lapangan banyak sekali. "Sejumlah titik lokasi tapal batas yang dipersengketakan warga di desa-desa adalah batas desa Mekar Jaya Kecamatan Pangkalan Kerinci dengan Bukit Agung sampai desa Simpang Beringin kecamatan Bandar Sei Kijang dengan desa desa di kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak di jalur tapal batas di sepanjang jalintim sepanjang 158 KM.

"Sekarang tahap penyelesaiannya dilakukan oleh masyarakat di sejumlah desa yang berbatasan melalui perundingan yang dilakukan pemerintah Kecamatan kedua kabupaten. Jadi penyelesaian tapal batas Pelalawan-Siak masih diproses di tingkat kecamatan dengan masyarakat yang berbatasan dan belum ada penyelesaiannya akan diambil alih pemerintah di tingkat kabupaten," terangnya.

Selain itu sebut Novri, penyelesaian tapal batas yang belum tuntas dan dalam tahap proses adalah antara Pelalawan dengan Inhu karena masih ada satu titik lokasi di desa di kecamatan Ukui dengan desa Air Putih kecamatan Lubuk Batu Jaya di Inhu yang beluim disepakati kedua pemerintah kabupaten.

"Kalau sengketa tapal batas Pelalawan dengan Inhil penyelesaiannya sudah tuntas tinggal teken peta titik lokasi tapal batas dengan Inhil yang akan kita lakukan. Tapal batas Pelalawan-Pekanbaru juga sudah tuntas dilakukan tinggal menerbitkan Permendagri oleh Kemendagri," tukas mantan camat Pangkalan Kerinci ini.

R24/mrd/suhemri

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Supriyanto kusnan
Rabu, 11 November 2015 16:54 wib
ya itu tgl kebijakan para pemimpin & tokoh masyarakat apalah kami ini
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru