riau24 Kesbangpol Inhu Taja Sosialisasi Pilkada Tahap II | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Tingkatkan Keikutsertaan Masyarakat Dalam Pesta Demokrasi

Kesbangpol Inhu Taja Sosialisasi Pilkada Tahap II

0
Pj. Bupati Inhu, H. Kasiaruddin
Berita Riau -  Kesbangpol Inhu Taja Sosialisasi Pilkada Tahap II

Inhu-Riau24.com-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Inhu tahap ke II Tahun 2015, Selasa (29/9/2015) di Aula Bappeda dan Litbang Inhu.

Penjabat (Pj) Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH hadir sekaligus membuka pelaksanaan sosialisasi tersebut dengan didampingi Kepala Badan Kesbangpol Inhu, Adri Bahar, Kepala Bappeda Inhu Junaedi Rahmat dan Kepala Bagian Humas Setda Inhu Jawalter, M.Pd.

Sedangkan tampil sebagai narasumber, Kasubdit Pengembangan Budaya Politik Lokal Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri, Dra. Elly Yuniarti, MM, Kepala Bidang Kepemiluan Kesbangpol Prov. Riau Ferry Yusnadi, S.Sos serta beberapa narasumber dari Kabupaten Inhu sendiri.

Kepala Badan Kesbangpol Inhu Adri Bahar mengungkapkan, pelaksanaan sosialisi ini merupakan wujud usaha pemerintah demi mensukseskan penyelenggaraan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Berdasarkan Undang-Undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu dan Undang Undang no 8 tahun 2015 tentang penyelenggaraan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, apa yang menjadi hasil dari sosialisasi ini yaitu semakin meningkatnya partispasi dan keikutsertaan masyarakat dalam pilkada kedepan semakin meningkat.

Pelaksanaan sosialisasi Tahap II ini diikuti puluhan peserta baik dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta perwakilan partai politik di 7 kecamatan yang ada di Inhu. Seperti diketahui, sebelumnya 7 kecamatan lainnya telah mengikuti sosialisasi tentang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada sosialisasi di Tahap I.

Sementara itu, mengawali arahannya, Penjabat Bupati Inhu H. Kasiarudin SH, menyampaikan terima kasih kepada para peserta dan Badan Kesbangpol Inhu atas penyelenggaraan sosialisasi ini. Menurutnya, pelaksanaan sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting guna mengevaluasi agar dalam pelaksanaan pilkada kedepan dapat terlaksana dengan baik.

Sebagai bagian dari tugas dan tanggung jawabnya sebagai Pj Bupati Inhu, selain menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan secara baik, ia juga berkewajiban untuk memfasilitasi serta mensukseskan penyelenggaraan pilkada dengan tetap menjaga netralitas para Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Jika mengacu pada hasil presentase, partisipasi masyarakat di beberapa pelaksanaan pemilihan umum lalu, dinilai masih belum maksimal. Maka dari itu, dengan adanya sosialisi ini, diharapkan pada pelaksanaan pilkada kedepan keikutsertaan masyarakat untuk memberikan hak suaranya akan semakin meningkat. Sebab, kesuksesan pelaksanaan pilkada, bukan hanya terintegrasi pada Komisi Pemilihan Umum (KPU), saja namun perlu adanya dukungan dari seluruh masyarakat.

Khusus kepada para peserta, di akhir arahannya, Pj Bupati H. Kasiarudin, SH mengharapkan agar informasi yang telah diperoleh melalui sosialisasi ini, nantinya dapat diteruskan kepada para warga dan masyarakat lainnya di setiap desa dan kecamatan.

R24/mrd/toni

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru