riau24 IPK2M Tanam 2.000 Bibit Mangrove | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Antisipasi Abrasi Pantai Di Merbau-Meranti,

IPK2M Tanam 2.000 Bibit Mangrove

0
Camat Merbau Wan Abdul Malik bersama Perwakilan Perusahaan EMP Malaca Strait SA dan Mahasiswa Merbau saat ingin melakukan penanaman mangrove di Teluk Belitung
Berita Riau -  IPK2M Tanam 2.000 Bibit Mangrove

Meranti-Riau24.com-Banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan di Kabupaten Meranti, khususnya dalam upaya penyelamatan daerah pesisir pantai dari abrasi.

Salah satunya seperti yang dilakukan Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti (IPK2M) bekerjasama dengan PT Energi Mega Persada (EMP) Malaca Strait SA dan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Merbau dengan melaksanakan penanaman 2.000 bibit Mangrove di sepanjang Pantai Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Senin (28/9/2015) kemarin.

Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Meranti (IPK2M), Azman kepada wartawan, Selasa (29/9/2015) melalui telepon selulernya menjelaskan, dirinya bersama rekan-rekan IPK2M bekerjasama dengan salah satu perusahaan Energi Mega Persada (EMP) Malaca Strait SA melakukan penanaman sebanyak 2.000 bibit Mangrove dalam upaya mmperbaiki ekosistem di Pantai Teluk Belitung Kecamatan Merbau.

“Kita menyadari betapa pentingnya kelestarian lingkungan bagi generasi sekarang maupun yang akan datang, hal itu sesuai dengan tema yang kita usung 'Lingkungan adalah Kita dan untuk Kita,” ucap Azman.

Ditambahkannya, kegiatan yang digelar ini adalah sebuah terobosan awal untuk menyadarkan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungannya yang merupakan aset daerah yang harus dipertahankan kelestariannya. “Ini adalah aset Meranti yang harus kita pertahankan,” katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan penanaman Mangrove, IPK2M tidak sendiri, bersama perusahaan dan unsur Kecamatan Merbau dan organisasi kepemudaan seperti organisasi KNPI, Pemuda Pancasila, Siswa-Siswi tingkat SMP hingga SMU dan warga setempat bahu membahu melakukan penghijauan di pantai yang diketahui mengalami dampak abrasi yang cukup parah.

Sebagai pembuka kegiatan, ditandai dngan penanaman bibit Mangrove secara simbolis oleh Camat Merbau, Wan Abdul Malik, SPdI bersama Perwakilan PT EMP Malacca Strait SA, dan Ketua IPK2M, Azman dilanjutkan dengan penanaman secara bersama yang dilakukan dengan penuh keceriaan bersama masyarakat Kecamatan Merbau saat itu.

Disisi lain, Ketua Pelaksana kegiatan, Syahren juga menjelaskan, penanaman itu menurutnya jangan berhenti disini tapi hendaknya dapat dikontrol dan dilanjutkan terus sehingga bibit Mangrove yang diharapkan tumbuh besar dan subur dapat mengatasi dampak dari abrasi diwilayah tersebut.

“Mari kita jaga dan kontrol bersama bibit Mangrove ini agar bisa tumbuh kedepannya dan bisa menahan abrasi di daerah Teluk Belitung kedepan khususnya", tandasnya.

Sementara itu, Camat Merbau, Wan Abdul Malik, SPdI mengapresiasi kegiatan tersebut yang menurutnya sangat positif dan bermanfaat bagi kelangsungan ekosistem dalam upaya mengantisispasi dampak abrasi di Pesisir Merbau.

“Saya sangat bangga dengan generasi muda mahasiswa dan pelajar yang begitu gigih terhadap penyelamatan lingkungan, inilah yang kita harapkan kedepan untuk membangun Kabupaten Meranti lebih baik lagi,” jelas mantan Camat Pulau Merbau itu.

Hal senada juga diutarakan Perwakilan Humas PT EMP Malacca Strait SA, Arif Hidayutllah. Dikatakannya, apa yang dilakukan oleh mahasiswa IPMK2M sangat sesuai dengan peran mereka sebagai Agen Of Change.

“Kami berharap komunikasi antara kepengurusan IPMK2M dengan perusahaan tetap berlanjut dalam rangka melaksanakan program-program peduli lingkungan ke depan,” paparnya.

Sehingga kedepan kerjasama yang baik ini dapat terus dilakukan demi pembangunan di Kepulauan Meranti yang lebih baik lagi dan sesuai yang diinginkan masyarakat. “Ayo selamatkan pantai kita dari abrasi melalui penanaman mangrove ini,” ungkapnya.

R24/mrd/andi

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru