riau24 Meski Hujan Tak Lebat, Warga Lubuk Jambi Tetap Gembira | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Meski Hujan Tak Lebat, Warga Lubuk Jambi Tetap Gembira

0
Salah satu sudut kota Lubuk Jambi, Kuansing
Berita Riau -  Meski Hujan Tak Lebat, Warga Lubuk Jambi Tetap Gembira

Kuansing-Riau24.com-Warga Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi sejak kemarin gembira, pasalnya pada Senin malam (28/9/2015) hujan turun meskipun tidak lebat tetapi membuat suasana segar.

Meski hujan turun tidak lebat, membuat halaman warga menjadi basah dan tanaman yang kering kerontang menjadi ceriah karena mendapat air, ditambah dengan udara yang sedikit cerah kabut asap berkurang dan kotoran di udara sedikit hilang.

Hal ini disebabkan kabut asap yang pekat terjadi pada Sabtu malam (26/9/2015) hingga Minggu siang (27/9/2015) mengakibatkan warga enggan keluar rumah, karena dikhawatirkan tertimpa sesak nafas dan sekolah kembali diliburkan. “Kabut asap yang menimpa menyebabkan sesak nafas, mata perih dan bahkan menyebabkan penyakit ISPA,” ungkap Asni (48) ketika dihubungi.

Menurutnya, hujan tak pernah turun dan bahkan Senin siang di kota Teluk Kuantan hujan turun, sementara asap tebal terus mengancam kesehatan, namun dengan turunnya hujan tadi malam, membuat cuaca cerah kota Lubuk Jambi.

"Alhamdulillah hujan turun meski tidak lebat, akan tetapi dapat membasahi tanah dan tumbuhan, semoga hujan terus turun dan masyarakat dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya,” paparnya.

Bahkan akibat kabut asap ini, banyak aktivitas yang tak terlaksana dan bahkan perkebunan dan pertanian terancam. Getah karet yang biasanya turun deras dan bisa menghasilkan 100 kilogram per hektar, menjadi berkurang dan hanya bisa mencapai 50 s/d 70 kilo per hektar.

Belum lagi tanaman padi yang sedikit terundur penanamannya karena lahan kering kerontang dan petani tak bisa mengolah lahan dan menyemai bibit.

“Belum lagi siswa atau anak sekolah yang sering libur dan berdampak pada siswa yang duduk di kelas tiga, karena akan menghadapi ujian nasional,” tukasnya.

R24/mrd/replizar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru