riau24 Ada Hadiah Rp73 Miliar untuk Info Sumber Keuangan ISIS | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ada Hadiah Rp73 Miliar untuk Info Sumber Keuangan ISIS

1
AS menyediakan hadiah US$5 juta atau Rp73 miliar bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi terkait penyelundupan minyak dan barang antik oleh ISIS. (Reuters/Mahmoud Hebbo)
Berita Riau -  Ada Hadiah Rp73 Miliar untuk Info Sumber Keuangan ISIS

Jakarta-Riau24.com -- Amerika Serikat menyediakan hadiah US$5 juta atau lebih dari Rp73 miliar bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi terkait penyelundupan minyak dan barang antik oleh ISIS.

Diberitakan CNN, Rabu (30/9), Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat saat mengumumkan ihwal hadiah itu mengatakan bahwa minyak dan barang antik menjadi sumber keuangan penting bagi ISIS.

Kelompok bersenjata yang menguasai sebagian wilayah Suriah dan Irak ini disebut mendapatkan pemasukan hingga jutaan dolar dari penjualan minyak dan barang antik di pasar gelap.

"Kementerian Luar Negeri AS berharap hadiah ini bisa memunculkan informasi terkait individu atau kelompok yang terlibat dalam produksi, fasilitas, pemrosesan, penyelundupan, distribusi, penjualan dan perdagangan minyak serta barang antik yang menguntungkan ISIS, serta informasi jaringan penyelundupan, metode dan rutenya," ujar pernyataan Kemlu AS.

ISIS menguasai beberapa ladang minyak di Suriah dan Irak. Kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi ini juga dilaporkan menjarah berbagai situs bersejarah di Irak dan Suriah, terakhir di kota kuno Palmyra.

Dari perdagangan minyak, penjarahan, dan penarikan pajak warga, ISIS menjadi kelompok teroris paling kaya di seluruh dunia.

Menurut data lembaga RAND Corporation Mei lalu, harta kekayaan ISIS sejak jatuhnya kota Mosul Juni 2014 lalu mencapai sekitar US$875 juta. 

Untuk minyak, ISIS dilaporkan telah menjual sumber daya ini dengan harga jauh lebih murah dibanding harga pasaran. 

Pendapatan ISIS dari sektor minyak menurun US$500 ribu per hari dari sebelumnya pada tahun lalu mencapai US$1,6 juta per hari, berdasarkan data organisasi Verisk Maplecroft.

Para ahli menyebut ISIS sebagai organisasi teroris dengan pendanaan paling baik dalam sejarah.

Dana ini digunakan untuk berbagai hal, termasuk pembangunan kota, persenjataan hingga gaji para tentara.

R24/noe/cnnindonesia 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 12 Desember 2017 13:59 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru