riau24 Dituding AS Tak Targetkan ISIS di Suriah, Rusia Bantah | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Dituding AS Tak Targetkan ISIS di Suriah, Rusia Bantah

1
Berita Riau -  Dituding AS Tak Targetkan ISIS di Suriah, Rusia Bantah

Damaskus-Riau24.com - Muncul perdebatan terkait target serangan militer Rusia di Suriah. Amerika Serikat curiga Rusia tidak menargetkan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), melainkan oposisi Suriah yang menjadi rival Presiden Bashar al-Assad.

Dalam pernyataannya, otoritas Rusia mengklaim jet tempurnya melancarkan 20 serangan udara terhadap 8 target ISIS. Bahkan juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov menyebut seluruh serangan udara dilakukan usai pengamatan lapangan berdasarkan informasi pemerintah Suriah.

Namun klaim Rusia ini dilawan oleh otoritas AS yang mencurigai Rusia tidak menargetkan target-target ISIS di Suriah. "Tampaknya (serangan itu) mengenai area-area yang tidak menjadi posisi ISIL (nama lain ISIS)," tutur Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter. 

Seorang pejabat pertahanan AS bahkan menyebut serangan udara Rusia sengaja ditargetkan pada oposisi Suriah, yang selama ini melawan rezim Assad, sekutu Rusia. 

Menanggapi tudingan AS ini, otoritas Rusia memberikan pembelaan diri. Juru bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov menyebut bahwa serangkaian serangan udara Rusia ditargetkan terhadap sejumlah kelompok militan besar, tak hanya ISIS saja.

"Organisasi ini (dalam daftar target) merupakan kelompok terkenal dan target ini dipilih berdasarkan koordinasi dengan militer Suriah," sebutnya.

"Rumor bahwa target serangan udara ini bukan posisi IS (nama lain ISIS) adalah tidak berdasar," tegas Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov kepada wartawan di New York, usai bertemu Menlu AS, John Kerry.

Laporan oposisi Suriah, Koalisi Nasional Suriah menyebut bahwa serangan udara Rusia menewaskan 36 warga sipil di Homs. Oposisi Suriah juga menuding Rusia tidak menargetkan posisi ISIS di Suriah.

R24/rno/detik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 12 Desember 2017 13:59 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru