riau24 Berapa Jarak Aman Mengemudi? | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Banyak Yang Belum Tahu,

Berapa Jarak Aman Mengemudi?

0
Berita Riau -  Berapa Jarak Aman Mengemudi?

Riau24.com-Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang masih terjadi dipengaruhi beberapa faktor. Namun, tak dapat dipungkiri jika perilaku pengendara, atau pengemudi menjadi penyebab utamanya.

Tak heran jika kampanye keselamatan berkendara masih perlu digiatkan di Indonesia. Salah satunya, seperti yang dilakukan pembalap nasional Rifat Sungkar, lewat Rifat Drive Labs miliknya. 

Menurut Rifat, beberapa faktor penyebab kecelakaan di antaranya adalah kecepatan dan jarak aman mengemudi. Dua hal ini sangat penting untuk diperhatikan saat mengemudikan mobil.

Pertanyaannya, berapakah kecepatan ideal saat berkendara dan berapa jarak aman mengemudi? Untuk menjawab itu, catatan penting yang perlu diketahui, dengan kecepatan 100 kilometer per jam, maka setiap detik kendaraan dapat pindah sejauh 27,7 meter.

Padahal, dalam contoh kasus pengereman mendadak, dibutuhkan waktu berbapa detik. Sebab, saat mata mellihat kejadian di depan, lalu dilanjutkan ke otak untuk memerintahkan kaki menginjak pedal rem itu saja sudah membutuhkan waktu sekitar 0,5 sampai satu detik.

Kemudian, ketika pedal rem sudah diinjak dan mekanismenya bekerja untuk menahan putaran roda itu juga membutuhkan waktu 0,5 sampai satu detik. Dan, terakhir pengereman itu sendiri juga perlu waktu untuk dapat memberhentikan sebuah mobil. 

Maka, saat kecepatan mencapai 100 km/jam, hampir 60 meter kendaraan masih melaju bebas ke depan ,saat mata melihat suatu kejadian di depan. Dapat dibayangkan jika jarak aman dengan mobil di depan cukup dekat, maka kemungkinan akan sulit menghentikan laju kendaraan dengan jarak yang ada.

Lalu, berapa jarak aman yang dianjurkan? Dalam teori defensive driving dijelaskan bahwa jarak aman adalah minimal tiga detik. Mengapa dengan rumus waktu? Karena dengan rumus ini, jarak aman akan menyesuikan dengan speed kendaraan.

Bagaimana cara menghitungnya? Ketika sedang berjalan konstan, perlu diperhatikan kendaraan di depan. Anda dapat mencari obyek statis di pinggir jalan seperti pohon, atau tiang sebagai patokan menghitung.

Saat mobil di depan lewat di tanda statis tadi, Anda mulai berhitung: satu dan satu, dua dan dua, tiga dan tiga (tiga detik). Ketika menyebut tiga dan tiga, kendaraan Ada harus ada di obyek statis tadi.

Jika tepat, sudah tercipta jarak 3 detik, atau bila dengan kecepatan 100 km/jam kira-kira akan menghasilkan jarak 27,7m x 3 detik. Nah, tips sederhana ini semoga bermanfaat. 

R24/awa/viva 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru