riau24 Adalah Jembatan Kemakmuran | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP);

Adalah Jembatan Kemakmuran

2
Galeri Kegiatan Pelantikan IKTP
Berita Riau -  Adalah Jembatan Kemakmuran

Pekanbaru-Riau24.com-Organisasi paguyuban yang menamakan diri Ikatan Keluarga Tionghoa Pekanbaru (IKTP) sudah berusia 13 tahun sejak didirikan tahun 2002 silam. Organisasi ini lahir bukanlah untuk gagah-gagahan dan latah serta jauh dari orientasi politik.

Wadah paguyuban etnis ini memiliki misi untuk berkiprah dalam bidang sosial dan untuk ambil bagian dalam pembangunan Kota Bertuah Pekanbaru khususnya. Sehingga tidaklah berlebihan, jika organisasi ini ingin dijadikan Jembatan Kemakmuran.

Memasuki usia ke 13 ini, IKTP dinakhodai pengurus baru dengan masa bakti 2015-2018, sebagai kelanjutan dari kepemimpinan beberapa periode kepengurusan sebelumnya. Program pengurus terdahulu akan selalu menjadi acuan bagi pengurus baru untuk menjadikan organisasi ini memiliki peran yang besar di tengah masyarakat.

Yang menjadi program utama bagi pengurus sebelumnya dan sekarang adalah kepedulian yang sangat tinggi terhadap persoalan sosial masyarakat, seperti; peduli kemiskinan, keterbelakangan mental, ibu rumah tangga dan kaum lemah lainnya.

“Karena program organisasi kita lebih terfokus pada bidang sosial kemasyarakatan, maka setiap tahun kita melakukan anjangsana ke panti jompo, panti asuhan, tempat penampungan orang-orang yang mengidap keterbelakangan mental dan bakti sosial donor darah,” papar Ketua IKTP Periode 2015-2018, Mariyana di sela-sela acara pelantikan pengurus, Kamis (1/10/2015) malam bertempat di Hotel Ameera Pekanbaru.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan IKTP setiap tahun tidak terlepas dari kepedulian seluruh komponen organisasi, termasuk anggota. Sehingga wajarlah jika dalam acara pelantikan lalu, anggota yang tergabung dalam IKTP berbondong-bonding hadir ke lokasi acara. Ada yang hadir dengan keluarga lengkap, ada yang mengajak teman, relasi dan rekan kerja dan ada yang datang sendiri.

Terkait program kerja IKTP ke depan, Mariyana menambahkan, program-program sosial yang telah dirancang pendahulu tetap akan dilakukan bahkan akan lebih ditingkatkan. Misalnya dalam rangkaian acara pelantikan pengurus ini, dibuka Job Ekspo bagi masyarakat selama tiga hari dalam rangka membantu masyarakat dalam mendapatkan pekerjaan atau membangun usaha baru. "Kita sudah jalin hubungan baik dengan pihak Dinas Tenaga Kerja dalam mencari tenaga-tenaga kerja yang akan direkrut di berbagai perusahaan. Ini sudah berjalan dengan baik," ungkap Mariyana.

Selain itu, bagi kalangan remaja, dikatakan Mariyana, pihaknya juga melakukan pembinaan dan pelatihan untuk menampung talenta-talenta anak muda dalam kesenian dan budaya. “Untuk pembinaan remaja kita pusatkan di Jalan Karet. Kita sangat peduli terhadap masyarakat. Makanya kita ingin IKTP ini menjadi jembatan kemakmuran bagi semua,” kata Mariyana didampingi Ketua Bidang Pengembangan Kreasi Remaja, Irwan Sutanto Putra.

Bagi kalangan ibu rumah tangga, Mariyana mengaku juga akan memberikan bantuan sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan organ-organ wanita serta pelatihan bagaimana merawat tubuh sehingga tercipta kelurga yang harmonis.  “Bagi pengusaha kecil yang memiliki usaha produksi (makanan, minuman dan lain-lain), kita akan membantu menciptakan merek hingga mendapatkan hak paten. Karena selama ini, banyak sekali usaha kecil yang belum mengerti dengan pentingnya merek produk,” kata Mariyana mengakhiri.

R24/mdi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Buyung
Minggu, 04 Oktober 2015 14:18 wib
Maju sbg walikota saja sekalian
Adinda
Minggu, 04 Oktober 2015 13:15 wib
Hidup Ketua Mariyana.. semoga Pekanbaru dpt bersatu dibawah bendera ketokohannya.
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru