riau24 Mobil Tiba-tiba Rem Blong, Ini Tipsnya | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Tips Dan Trik

Mobil Tiba-tiba Rem Blong, Ini Tipsnya

0
ilustrasi
Berita Riau -  Mobil Tiba-tiba Rem Blong, Ini Tipsnya

Riau24.com-Sejumlah kecelakaan di jalan raya terjadi akibat kasus rem tak pakem alias blong. Pada kondisi itu, biasanya rem tak berfungsi maksimal meski sudah diinjak sekeras mungkin.

Penyebab rem yang blong diketahui bermacam-macam, mulai dari dari kanvas rem yang telah habis, piston rem yang aus, jumlah dan kualitas minyak rem yang menurun, selang yang bocor, hingga masalah di booster dan master rem. Perawatan pada sistem pengereman secara berkala tentu wajib dilakukan untuk menghindari kasus seperti ini.

Lantas apa yang perlu dilakukan ketika sudah terlanjur rem blong ketika berkendara? Berikut ulasannya seperti dilansir situs resmiToyota, Sabtu 3 Oktober 2015.


Jika Anda sudah mulai merasakan rem tidak pakem setelah menginjak pedal rem, maka lakukan pengocokkan rem secepatnya. Caranya, injak dan lepas pedal rem beberapa kali sambil mengurangi laju kecepatan mobil. Setelah kecepatan berkurang segera pindahkan posisi gigi persneling dengan perlahan-lahan.

Jangan lupa, memastikan jarak mobil Anda dengan kendaraan lain baik yang berada di depan maupun belakang masih dalam jarak yang aman.

Jika laju kendaraan sudah mulai berkurang segeralah menepikan kendaraan Anda. Pada saat itulah, Anda bisa menggunakan rem tangan untuk menghentikan mobil.

Namun, cara itu harus Anda lakukan dengan perlahan. Bila Anda tak yakin laju kecepatan mobil belum memungkinkan, pindahlah posisi gigi persneling beberapa kali, hingga kecepatan berkurang.

Langkah tersebut bisa Anda lakukan jika jarak antara mobil yang Anda kemudikan dengan kendaraan lain masih dalam posisi jarak aman.

Bila tidak, Anda harus melakukan langkah darurat menabrakkan mobil ke benda mati tetapi dengan risiko yang minim.

R24/awa/viva 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru