riau24 Jepang Bersiap Uji Mobil Taxi Otonom | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Jepang Bersiap Uji Mobil Taxi Otonom

0
Robot Taxi (reuters/Yuya Shino)
Berita Riau -  Jepang Bersiap Uji Mobil Taxi Otonom

Jakarta-Riau24.com - Tahun depan perusahaan Jepang mulai melakukan uji coba komersil mobil taksi yang bisa berjalan sendiri, tanpa sopir.

Uji coba itu akan dilakukan oleh 50 orang terpilih. Mereka akan menumpang mobil bernama RobotTaxi untuk berpergian dari satu tempat ke tempat lain, ke swalayan misalnya.

Robot Taxi merupakan mobil otonom yang dibuat oleh dua perusahaan yakni, DeNA sebuah perusahaan internet dan perusahaan teknologi otomotif ZMP. Mobil ini rencananya bisa dipakai komersil pada 2020.

Mobil Robot Taxi dilengkapi dengan radar gelombang mikro, kamera stereo, dan analisis gambar. Seperti yang dikutip dari Quartz.

Selama masa percobaan, taksi ini akan berjalan dalam radius tiga kilometer di beberapa ruas jalan besar. Kru akan bersiaga untuk mencegah adanya kecelakaan.

"Banyak orang yang mengatakan ini mustahil, tapi saya pikir, ini akan terjadi lebih cepat dari yang orang perkirakan," ujar Junichiro Koizumi, putra dari Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dalam acara pengumuman masa percobaan.

Beberapa pihak mengatakan bahwa jika membahas masalah mobil tanpa sopir, Jepang memang ketinggalan. Audi, Mercedes-Benz, Ford, dan Tesla telah mengembangkan fitur tanpa pengemudi. Google bahkan sudah menguji coba mobil tanpa sopir di jalan-jalan Amerika Serikat tahun ini.

Sementara itu, Toyota baru saja menginvestasikan US$ 50 juta atau setara Rp 736,7 miliar di Stanford dan MIT untuk riset kendaraan tanpa sopir.

Pada Kamis (1/10), Toyota mengumumkan alat pengaman terbaru yang didesain untuk mengirim dan menerima informasi antara kendaraan dan infrastruktur jalan. Alat ini dapat mendeteksi apakah sopir tidak merespons lampu lalu lintas dan mengurangi kecepatan.

R24/rno/cnn

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru