riau24 LAKI Riau Desak Pemerintah Bersungguh-sungguh Tuntaskan Persoalan Kabut Asap | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

LAKI Riau Desak Pemerintah Bersungguh-sungguh Tuntaskan Persoalan Kabut Asap

0
Ketua DPD LAKI Riau Monang Siahaan SH
Berita Riau -  LAKI Riau Desak Pemerintah Bersungguh-sungguh Tuntaskan Persoalan Kabut Asap
Pekanbaru-Riau24.com-Masalah kabut asap terjadi di Provinsi Riau ini berkepanjangan. Bahkan, pada umumnya kabupaten/kota dilanda asap pekat sejak beberapa bulan terakhir, musibah ini seakan tidak ingin beranjak dari Bumi Lancang Kuning. 
 
Bukan tidak mungkin, masalah ini akan terus terjadi serta tidak bisa diselesaikan pada beberapa bulan kedepan, apabila hal itu tidak ada langkah kongkrit dari pemerintah, serra intansi terkait. Kalau kondisi demikian tidak ditindaklanjut, bisa membuat gerah sejumlah elemen masyarakat.
 
Tidak terkecuali DPD Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Provinsi Riau. Karena dalam ini, LAKI Riau menganggap persoalannya kabut asap ini sudah sangat kronis, dan butuhkan penanganan yang lebih serius. Pasalnya musibah asap ini berdampak besar dikehidupannya
masyarakat. 
 
Seperti masalah kesehatan, juga gangguan kesehatan diakibatkan kabut asap yaitu halnya penyakit 
Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) disaat ini sudah memakan banyak korban. Bahkan terutama anak-anak. "Masalah dari asap ini sangat merugikan," kata Monang Siahaan SH.
 
Ini disampaikan Ketua DPD LAKI Riau kepada wartawan diruangan kerjanya, Senin (5/10/2015) siang di Pekanbaru. Dikatakanya, tidak hanya ini berpengaruh kesehatan, maupun pendidikan. Namun, juga berdampak sektor perekonomian kehidupan masyarakat di daerah Provinsi Riau.
 
"Sebagai contoh halnya aktivitas penerbangan lumpuh total. Maka kami dari DPD LAKI Riau, sangat 
berharap masalah asap ini dapat dituntaskan segera. Kita meminta pemerintah ini sungguh-sungguh 
memberantas masalah asap saat sekarang semakin parah melanda Riau," ujarnya.
 
Monang mengatakan, DPD LAKI Riau selama ini selalu memantau akan setiap perkembangan yang terjadi, termasuk yang berkaitan dengan persoalan kabut asap ini. 
Pihaknya, mengaku heran terkait masalah ini dengan tidak kunjung selesainya. Dari catatan bencana ini yang terlama.
 
"Dari pengalaman yang ada maka masalah kabut asap terjadi disaat ini, merupakan yang paling parah dan lama. Namun solusi untuk itu masih kurang optimal. Kami tidak tahu apakah masalah ini juga ada indikasi korupsi. Yang jelas, kami meminta pemerintah bersungguh tangani," ujarnya.
 
Jangan sampai masalah ini sebut Monang, berkaitan korupsi. Kalau itu terjadi maka pihaknya ini tidak akan segan-segan melaporkanya kepada aparat berwenang. Selain hal itu, pihaknya, minta komitmen yang jelas tegas dari pemerintah. Karena itu, DPD LAKI Riau akan terus memantau.
  
"Apabila, nanti dalam penyelidikan Tim dari LAKI Riau, memang ada menemukan ini indikasi mengarah pada praktek korupsi. Maka pihak kami tidak segan-segan laporkan hal ini kepada aparat berwenang. 
Selain itu, pihaknya juga meminta komitmen yang jelas tegas pihak pemerintah," ujarnya.
 
Kesempatan itu Monang berkata, hal menanggulangi kabut asap ini maka langkah patut diambil nanti menemui Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) dan serta Walikota Pekanbaru, dengan hal mempertanyakanya sejauhmana upaya dilakukannya penanganan akan kabut asap.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru