riau24 Seberapa Serius Jokowi Menanggapi Masalah Kebakaran Hutan dan Asap? | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Seberapa Serius Jokowi Menanggapi Masalah Kebakaran Hutan dan Asap?

1
Berita Riau -  Seberapa Serius Jokowi Menanggapi Masalah Kebakaran Hutan dan Asap?

Jakarta-Riau24.com-Kabut asap dampak dari kebakaran hutan dan lahan masih terjadi, terutama di Sumatera dan Kalimantan. Lalu, seberapa seriuskah Presiden Joko Widodo menanggapi masalah ini?

Saat ditanya, Kepala Staf Presiden Teten Masduki mengatakan, jumlah titik panas tahun ini lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tak lepas dari dampak kenaikan suhu alias El Nino.

Untuk masalah ini, terang Teten, manjadi perhatian serius Presiden Jokowi. Bahkan Jokowi terus memantau danmengerahkan upaya penanggulangan secepat mungkin.

"Ya ini kan harus dilihat dampak hotspotnya itu kan kalau dibanding 2014 lebih banyak 2015. Karena dampak El Nino. Kalau seberapa besar presiden, saya kira presiden terus memantau perkembangan penanganan asap setiap hari. Saya kira presiden juga cukup paham bahwa ini nggak mudah," ujar Teten saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (6/10/2015).

Dikatakan Teten, untuk masalah kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap ini, perlu menjadi perhatian semua pihak. "Perlu kemauan semua pihak termasuk korporasi, warga. Dan presiden sedang memikirkan cara yang lebih efektif, supaya di kemudian hari tidak terjadi. Ini kan sudah hampir 20 tahun terus berulang seperti ini," terang Teten.

Salah satu upaya untuk menanggulangi masalah kebakaran hutan dan lahan ini, diperlukan cara baru. Saat ini pemerintah sedang mengeluarkan skema kebijakan disinsentif ekonomi yang saat ini sedang disiapkan oleh Kemenko Perekonomian.

"Itu sudah dibicarakan dengan para pemilik lahan, perkebunan besar dan kelihatan seperti mereka cukup menakutkan untuk para pembakar," kata Teten.

"Disinsentif ekonomi untuk para pembakar hutan itu karena didasari oleh satu keyakinan bahwa memang kebakaran lahan gambut ini bukan hanya peristiwa alam. Tapi juga ada indikasi memang sengaja dibakar oleh para pemilik lahan, kebun, dan kedua oleh warga yang memang tujuannya sama," tambah Teten.

R24/rno/detik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:15 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru