riau24 Indonesia Patut Waspadai Konflik Laut China Selatan | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Indonesia Patut Waspadai Konflik Laut China Selatan

1
Berita Riau -  Indonesia Patut Waspadai Konflik Laut China Selatan

Tangerang-Riau24.com-Pengamat Bidang Kemaritiman, Denik Iswardani mengatakan, pemerintah harus melakukan antisipasi dini dari dampak konflik di laut China Selatan.

Ia mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki posisi yang menguntungkan dalam permasalahan di Laut China Selatan. Keuntungan tersebut yakni dalam bidang instusi dengan Amerika Serikat dan bilateral dengan negara.

Komunikasi yang dapat dilakukan Indonesia terhadap kedua negara tersebut dalam masalah Laut China Selatan, bisa sebagai upaya awal dalam mencegah dampak yang akan terjadi. Sebab, konflik di laut China Selatan bisa berdampak besar kepada kepulauan di Indonesia bila tidak diantisipasi sejak dini.

"Kalau Indonesia hanya berdiam dalam masalah laut China Selatan maka akan berbahaya. Indonesia harus mengambil peran karena posisinya menguntungkan," ujarnya dalam diskusi tentang kemaritiman di Ciledug, Selasa, (6/10/2015).

Bahkan, konflik yang nantinya akan semakin besar, dapat dicegah oleh Indonesia sebagai pihak yang menjaga kedamaian. Apalagi, Indonesia telah mendeklarasikan sebagai negara poros maritim.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga harus mendapatkan dukungan dari publik sebagai kekuatan dalam membawa misi perdamaian. Diakuinya, bila pemahaman masyarakat terkait kasus laut China Selatan masih kecil. Padahal, dampak yang akan terjadi sangat besar.

"Jangan sampai nantinya ketika sudah terjadi, baru adanya gerakan. Pemerintah harus aktif dari sekarang dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat," ujarnya.

Oleh karena, dirinya bersama sejumlah dosen Universitas Budi Luhur memberikan rekomendasi kepada Kementerian Luar Negeri terkait dukungan dari publik. Begitu juga dengan memberdayakan kekuatan yang ada seperti militer dan diplomasi agar pertahanan Indonesia tetap terjaga.

"Jangan sampai nantinya, ada kepulauan yang menjadi dampak dari konflik ini. Indonesia harus bisa melakukan proses diplomasi," ujarnya.

R24/rno/okezone 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Selasa, 12 Desember 2017 14:39 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru