riau24 Harga Karet di Kuansing Mulai Merangkak Naik | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Harga Karet di Kuansing Mulai Merangkak Naik

0
Petani karet di Kuansing
Berita Riau -  Harga Karet di Kuansing Mulai Merangkak Naik

Kuansing-Riau24.com-Karet sebagai mata pencaharian utama masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi yang mencapai lebih dari 70 persen penduduknya. Sejak beberapa waktu lalu harganya terjun bebas hingga mencapai Rp. 5.000 per kilogram.

Namun kini telah mulai merangkak naik, meskipun kenaikkannya tidak terlalu drastis, karena hanya berkisar sekitar Rp. 1.000 per kilogram. Meskipun hanya sekitar Rp. 1.000 per kilo, tetapi dapat membantu ekonomi masyarakat yang masih dalam kondisi krisis.

Salah satu toke karet Kuansing, Ijon (48) yang dihubungi wartawan, Selasa (6/10/2015) siang mengaku kalau harga karet telah mulai naik walau tidak begitu besar, tetapi telah dapat membantu petani. " Benar harga karet telah mulai naik pada minggu ini jika dibanding harga karet minggu lalu, karena sebelumnya sangat terpuruk yang mencapai Rp. 5.000 perkilo," paparnya.

Namun harga karet di Kuansing memang tidak sama dan sangat tergantung pada kualitas serta tempat penjualan. Jika karet dijual di tempat koperasi yang tersebar di lima kecamatan seperti koperasi Pebaun Kuantan Mudik, koperasi Toar Gunung Toar, koperasi Kopah Kuantan Tengah, koperasi Pangean dan koperasi Muara Lembu di Singingi.

"Kalau karet di jual di koperasi tentu beda harganya, bila dibanding dengan harga karet di tempat lainnya," tuturnya.

Meski demikian, seharusnya soal masih rendahnya harga karet bukan dari toke atau pembeli karet itu sendiri, akan tetapi tergantung pihak pabrik dan Pemkab Kuansing. “Bukankah pabrik karet juga ada di Kuansing dan bila harganya tinggi dan beda dengan harga pabrik di luar Kuansing tentu petani dan masyarakat kuansing akan sejahtera,” sebutnya.

"Seharusnya Pemkab bisa dan mengambil kebijakkan demi kesejahteraan petani dan masyarakat Kuansing itu sendiri," tukasnya.

R24/mdi/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru