Jumat, 25 April 2014
Pakar Hukum Properti ,
Seperempat Tanah di Jakarta Bersengketa
0
R24/Mail/Rumah.com
Seperempat Tanah di Jakarta Bersengketa
(Riau24)--  Banyak tanah di Indonesia yang berstatus tanah sengketa. Pakar hukum properti, Erwin Kallo,  mengungkapkan bahwa seperempat tanah di Jakarta merupakan tanah sengketa.

Jika asumsinya luas kawasan Ibukota sebesar 661,52 kilometer persegi, maka tanah yang berstatus sengketa sekitar 165,38 kilometer persegi.

 
Erwin mengatakan, dalam transaksi properti sedikitnya 70%-nya merupakan pembicaraan mengenai legalitas atau hukum. Akan tetapi para stake holder atau pihak-pihak yang terkait dengan sektor properti justru buta hukum.
 
"Dahulu, kepemilikan tanah biasanya turun-temurun atau merupakan barang yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan tidak disertifikatkan. Jadi banyak pihak merasa tidak perlu mempelajari tentang hukum kepemilikan properti atau lebih spesifik lagi tentang tanah," tutur Erwin di Jakarta, belum lama ini.
 
Dia melanjutkan, tanah yang tidak bersertifikat itu kemudian rentan diambil alih kepemilikannya oleh pihak lain. Inilah yang menyebabkan munculnya status tanah sengketa.
 
"Yang saya tahu, banyak laporan tentang kasus tanah sengketa di Jakarta. Sedikitnya seperempat dari total lahan di Jakarta ini yang statusnya tanah sengketa," ungkap dia.(R24/Mail/Rumah.com)

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
riau24_xkfvl_660.jpg
Orang nomor satu di Provinsi Riau Anas Maamun, sebelum menjabat Gubernur Riau dirinya telah membuat suatu program dan berjanji untuk mensejahtrakan rakyat Riau, bahkan APBD Riau 2014 juga ingin dirubahnya karena Gubernur menilai tidak menyentuh rakyat.
riau24_j2mgg_640.jpg
Bangunan kos-kosan 70 Pintu yang terletak di Jalan Puyuh Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi, dianggap tidak menaati aturan.
riau24_ptdmv_657.jpg
Tak seperti vagina, anus atau dubur memang tidak dipersiapkan untuk berhubungan seksual. Akibatnya, kebiasaan melakukan seks anal bisa menimbulkan bahaya kesehatan, mulai dari infeksi hingga kanker anus.
riau24_hgbwe_644.jpg
Saat ini ditengah hiruk pikuk pesta demokrasi lima tahunan di Indonesia, penulis mencoba mengamati secara sederhana beragam metode kampanye yang dilakukan dan dapat dilakukan oleh para kontestan pemilu yang akan bertarung memperebutkan hati rakyat
riau24_6eylt_659.jpg
Tepat di hari Senin, tanggal 21 April 2014, bertepatan dengan peringatan hari Bumi, hotel-hotel yang tergabung dalam grup Accor International serentak menghelat kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon.
riau24_9hrue_658.jpg
Meski cenderung berkembang lebih lambat dibanding jenis kanker yang lainnya, bukan berarti tidak ada gejala-gejala yang ditunjukkan ketika seseorang mengidap kanker tiroid.
riau24_jlzvy_641.jpg
Entah seperti apa penanganan kabut asap di Riau ini. Setelah sempat menghilang beberapa minggu, kini mulai udara mulai dipenuhi asap, meski masih dengan intensitas rendah.
riau24_q2bc6_642.jpg
Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Angkringan. Tempat nongkrong yang menyediakan makanan dan minuman dikala malam hari ini, menjadi ikon bagi Daerah di Pulau Jawa.
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com