riau24 Takut Diklaim Singapura, RI Tolak Bantuan Atasi Kabut Asap | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Takut Diklaim Singapura, RI Tolak Bantuan Atasi Kabut Asap

1
Kabut asap di kawasan Marina Bay, Singapura
Berita Riau -  Takut Diklaim Singapura, RI Tolak Bantuan Atasi Kabut Asap

Jakarta-Riau24.com-Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan pemerintah Republik Indonesia menolak bantuan Singapura menangani kabut asap karena tak mau Negeri Singa nantinya mengklaim bencana kabut asap enyah karena kemampuan mereka.

"Sebenarnya pemerintah sama sekali tidak menutup diri terhadap bantuan. Tetapi dari bantuan itu, pemerintah tidak mau kemudian diklaim. Ini kan pemerintah sedang sungguh-sungguh menyelesaikan (bencana kabut asap), termasuk statusnya. Jadi jangan sampai diklaim mereka,” ujar Pram –sapaan Pramono, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (7/10).

Jika nantinya persoalan asap yang masif itu berhasil diatasi, kata Pram, itu merupakan hasil kerja keras pemerintah.

Tawaran Singapura untuk membantu Indonesia menangani kabut asap sebelumya dikemukakan oleh Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen.

"Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Singapura sudah menyiagakan pesawat C-130 untuk operasi modifikasi cuaca, satu helikopter Chinook dengan penampungan air untuk pemadaman api dari udara dan dua pesawat C-130 untuk mengangkut tim pemadam kebakaran dari Pasukan Pertahanan Sipil Singapura," tulis MINDEF dalam pernyataan resmi mereka.

Pernyataan pedas Singapura itu keluar setelah Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di negeri itu mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun ini, yakni 341.Di kemudian hari saat kabut asap dari Sumatra makin pekat melanda Singapura, Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan menyebut Indonesia tak memikirkan keselamatan warga Singapura maupun warga Indonesia sendiri.

Sementara Ketua Badan Anggaran DPR Ahmadi Noor Supit justru meminta pemerintah RI untuk tak gengsi menerima bantuan asing untuk mengatasi kabut asap. Indonesia, menurut Supit, juga mesti terbuka terhadap negara-negara tetangganya yang ikut menderita akibat kabut asap kebakaran hutan RI.

R24/rno/cnn 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:15 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru