riau24 Penyebab Sulitnya LPG 3kg | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Penyebab Sulitnya LPG 3kg

0
Berita Riau -  Penyebab Sulitnya LPG 3kg
Pekanbaru - Riau24.com - Kesulitan mendapatkan LPG 3kg masih dirasakan masyarakat Riau khususnya kota Pekanbaru hari ini kamis (08/10/2015). Hal ini disebabkan terjadinya penyalahgunaan oleh beberapa kalangan. LPG yang disubsidi oleh pemerintah ini diperuntukkan kepada masyarakat menengah kebawah.

Kondisi real di lapangan sekitaran Marpoyan yang dijumpai oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan melihat satu keluarga bermobil yang memiliki sampai 5 buah tabung LPG berukuran 3kg. LPG yang seharusnya hak masyarakat yang kurang mampu justru berada ditangan yang tidak seharusnya. Ini bukti nyata bahwasannya tingkat kesadaran masyarakat masih kurang.

Berdasarkan keterangan dari kepala dinas perindustrian dan perdagangan kota Pekanbaru Mas Irba mengatakan sesuai dengan peraturan mentri nomor 28 tahun 2008 bahwasannya LPG 3kg diperuntukkan untuk masyarakat yang kurang mampu.
"Masih banyak masyarakat yang kurang menyadari hak yang boleh menggunakan LPG 3kg. Untuk provinsi Riau sendiri dibutuhkan sekitar 9,3juta tabung LPG 3kg per bulannya, yang kemudian dibagi ke 12 kabupaten kota. Pekanbaru mendapat lebih kurang 500ribu tabung dalam sebulan. Akan tetapi dari pengawasan yang kami lakukan hanya 40% yang dapat dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru, sedangkan 60% lagi dinikmati oleh yang mengaku dirinya adalah pelaku usaha mikro. Sementara pelaku usaha mikro sudah diatur dalam peraturan pemerintah nomor 08 tahun 2008 yang namanya usaha mikro adalah mereka yang mempunyai aset dan modal itu tidak lebih dari Rp. 50juta."paparnya

Irba juga mengatakan LPG 3kg tidak langka karena pasokan pertamina ke SPBE normal dan tidak ada hambatan, begitu juga dari SPBE kepada agen. Kemudian disperindag mengecek proses penyaluran dari agen ke pangkalan juga tidak ada masalah. Akan tetapi masyarakat masih saja mengalami kesulitan dalam memperoleh LPG 3kg. Kelangkaan LPG dimulai dari tidak beroperasinya SPBE dalam menyalurkan LPG 3kg di hari kamis (24/10/2015) sementara kebutuhan masyarakat menggunakan gas LPG 3kg meningkat,sehingga sampai hari ini penyaluran gas LPG 3kg belum normal. Ditambah lagi masyarakat yang kurang menyadari siapa yang benar-benar dizinkan menikmati gas yang telah disubsidi oleh pemerintah tersebut.
"Kami telah menelusuri apa penyebab terjadinya kesulitan LPG 3kg salah satunya dengan mengadakan operasi pasar. Dimana pangkalan yang tebukti menyalahgunakan penjualan LPG dan sengaja menahan penjualan LPG akan diberi skorsing sesuai dengan kesalahan, mulai dari 1 bulan hingga 3 bulan tidak dibenarkan melakukan jual beli. Dan untuk masyarakat yang tidak berhak tetapi tetap menikmati gas tersebut kami memberi sangsi sosial."tutupnya
R24/mla
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru