riau24 Dewan Dukung BLH Turunkan Tim Penyidik PPNS Ke PT.SP | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dewan Dukung BLH Turunkan Tim Penyidik PPNS Ke PT.SP

0
Aliran Sungai
Berita Riau -  Dewan Dukung BLH Turunkan Tim Penyidik PPNS Ke PT.SP

Pelalawan-Riau24.com-Anggota DPRD Pelalawan Dari Komisi. I DPRD Pelalawan Nazarudin Arnaz sangat mendukung pihalk BLH Pelalawan untuk menurunkan Tim penyidik PPNS keareal perkebunan PT.Serikat Putra untuk melakukan investigasi dan melakukan penyelidikan pada 47 aliran sungai yang dialihkan perusahaan tersebut tanpa izin selama ini.

BLH Pelalawan harus turunkan tim PPNSnya untuk mengusutnya kasus pengalihan puluhan aliran sungai oleh perusahaan tanpa menunggu laporan masyarakat. Pernyataan dukungan itu diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Pelalawan Nazarudin Arnazh yang juga Ketua Fraksi Partai PAN DPRD Pelalawan kepada Riau24.com saat ditemui dikantor DPRD Pelalawan Rabu (7/10/2015) di Pangkalan Kerinci.

Menurut Nazarudin Arnaz, pihak BLH Pelalawan kalau untuk membantu masyarakat kecamatan Bandar Petalangan mengusut 47 aliran sungai yang dialihkan PT.SP untuk kepentingan perusahaanya tapi sangat merugikan masyarakat setempat jangan lagi menunggu adanya laporan masyarakat tapi harus proaktif untuk membantu warga seperti cepat tanggap dalam menurunkan Tim penyidik PPNSnya untuk mengusut perusahaan tersebut.

"Kami dari dewan sangat mendukung sekali adanya rencana kesiapan pihak BLH untuk menurunkan Tim penyidik PPNSnya dalam melakukan penyelidikan terkait kasus pengalihan aliran puluhan sungai yang diareal perkebunan PT.SP yang dilakukannya secara sepihak dan tanpa izin dari Pemkab Pelalawan sebelum ini,"tegasnya.

Ditegaskan Nazarudin Arnaz, pihak para perusahaan di Pelalawan termasuk PT.SP jangan dibiarkan semena-mena semaunya dalam membuat kebijakannya dalam mengalihfungsikan sejumlah aliran sungai maupun alihkan aliran anak sungai yang ada diareal konsesi izin lahan diperusahaannya."Sekarang akibat dampak dari pengalihan aliran puluhan sungai dan anak sungai dilakukan perusahaan sehingga masyarakat kecamatan Bandar Petalangan tidak bisa lagi mencari ikan sebagai bagian dari mata pencahariannya. Sebelum ini Kabid Amdal BLH Pelalawan Eko Novitra kepada Riau24.com mengaku bahwa pihaknya siap menurunkan Tim penyidik PPNS BLH Pelalawan untuk membantu masyarakat Bandar Petalangan dalam melakukan investigasi pengusutan pada kasus puluhan aliran sungai yang dialihfungsikan PT.SP sebelumnya.

"Demi kepentingan masyarakat banyak maka kita siap saja turunkan Tim penyidik PPNS kelapangan untuk melakukan investigasi pada lokasi aliran sungai yang dialihkan perusahaan selama ini dengan syarat masyarakat harus tahu dimana saja lokasi awal semua alirana sungai diareal perusahaan sebelum dialihkan pihak peeusahaan tersebut,"tegasnya.

Bebera minggu lalu,tokoh masyarakat kecamatan Bandar Petalangan M Yunus kepada Riau24.com dikantor DPRD Pelalawan pernah menyatakan bahwa pihaknya atas nama masyarakat Bandar Petalangan sudah lama melaporkan kasus pengalihan 47 aliran sungai dan anak sungai di kecamaatan Bandar Petalangan oleh pihak PT.SP terutama aliran sungai sebanyak itu yang ada didalam areal lahan perusahaannya sehingga sangat merugikan masyarakat kami karena selain telah mematikan semua habitat yang ada disemua aliran sungai setelah dialihfungsikan pihak perusahaan juga berdampak pada kerugian besar dialami masyarakat kami karena sudah kehilangan mata pencaharian mereka."Karena masyarakat kami selama ini tidak bisa lagi mencari ikan lagi disemua aliran sungai yang dialih fungsihkan kegunaannya oleh pihak perusahaan selama ini tanpa izin dari masyarakat maupun dari pemerintah,"tegas M Yunus.

R24/awa/shi 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru