riau24 Belum Kantongi Izin, Pabrik Kelapa Sawit Ini Sudah Berdiri | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Belum Kantongi Izin, Pabrik Kelapa Sawit Ini Sudah Berdiri

0
pabrik kelapa sawit
Berita Riau -  Belum Kantongi Izin, Pabrik Kelapa Sawit Ini Sudah Berdiri

Kuansing-Riau24.com-Dua perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, yakni PT. Sinar Utama nabati (PT. SUN), belum mengantongi izin ternyata sudah memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS).  Komisi A DPRD kabupaten Kuantan Singingi menemukan keberadaan pembangunan pabrik kelapa sawit ( PKS ) PT. Sinar Utama Nabati (SUN) yang diduga belum mengantongi izin, karena berada diwilayah operasnional PT Wanasari Nusantara tepatnya di desa Sungai Bawang.

" Saat rombongan Komisi A berada di PT Wanasari Nusantara mendapatkan laporan dari fihak perusahaan, bahwa sedang ada kegiatan pembangunan PKS baru oleh PT. SUN, karena berada diwilayah operasional mereka,  mereka mempertanyakan apakah sudah ada izin atau belum," Ungkap  Ketua Komisi A DPRD Kuansing, Musliadi, S.Ag beberapa waktu lalu usai kunjungan lapangan.

Dari keterangan yang mereka himpun, pihak PT. SUN membeli lahan sekitar 28 hektar dari masyarakat yang berada diwilayah PT Wanasari Nusantara, makanya pimpinan PT. Wanasari mempertanyakan hal ini kepada Komisi A.

" Sebab pimpinan PT. Wanasari Nusantara, Zainul secara lisan sudah pernah mempertanyakan izin pendirian PKS oleh PT. SUN,  kepada Asisten II Setda, namun dari keterangan Pak Zainul, Asisten II menyatakan tidak tahu siapa yang mengeluarkan izin,"ujarnya. Untuk itu katanya, Komisi A akan mempertanyakan hal ini kepadainstansi terkait, untuk mencegah terjadinya konflik antara PT. Wanasari Nusantara dengan PT. SUN dikemudian hari.

Sebab dari fakta yang mereka temukan dilapangan, PT. Wanasari Nusantara sangat keberataan dengan pembangunan PKS PT. SUN yang belum jelas izinnya oleh mereka, sementara aktifitas pembangunan PKS. PT SUN terus berjalan dilapangan.

" Kami melihat di lokasi ada sekitar empat unit alat berat yang sedang bekerja melakukan land clearing untuk pembangunan PKS PT. SUN dan ini harus segera diclearkan agar tidak terjadi konflik antara dua perusahaan dikemudian hari, selanjutnya tentu perlu kejelasan izin bagi PT. SUN terkait hak dan kewajiban bagi daerah, kalau mereka sudahmengurus izin sesuai prosedur tentu Kita tidak bisa apa-apa, karena itu akan dilakukan hearing dengan instansi terkait dan juga kedua manajemen perusahaan agar jelas duduk perkaranya,"tutup Musliadi. Sementara itu manajemen PT. SUN belum dapat dikonfirmasi terkait pernyataan dari Ketua Komisi A DPRD Kuansing atas hasil temuan lapangan tersebut.

R24/awa/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru