riau24 Panglima TNI Waspadai Indonesia Jadi Arena Konflik Antarnegara | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Panglima TNI Waspadai Indonesia Jadi Arena Konflik Antarnegara

1
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat berbicara dalam acara Bincang-Bincang Panglima TNI dengan Keluarga Besar MNC Group di MNC Tower, Jakarta, Rabu (7/10/2015)
Berita Riau -  Panglima TNI Waspadai Indonesia Jadi Arena Konflik Antarnegara

Jakarta-Riau24.com-Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo melihat adanya potensi pergeseran konflik dunia pada masa mendatang.

Gatot menilai konflik akan bergeser dari kawasan negara-negara yang memiliki banyak sumber daya minyak ke kawasan negara-negara yang kaya sumber pangan.

Indonesia sebagai salah satu negara dalam zona khatulistiwa dan kaya sumber pangan tengah dihadapkan pada potensi ancaman tersebut.

Tesis Gatot tersebut semakin diperkuat dengan fakta dunia tengah mangalami over populasi. World Population Balance menyatakan idealnya bumi sekarang ini dihuni 3-4 miliar manusia. Sementara, sejak 2011 lalu penduduk dunia telah mencapai 7 miliar.

Gatot mengatakan, pertumbuhan penduduk dunia yang meningkat pesat itu tidak diimbangi dengan ketersediaan pangan, air bersih dan energi.

"Kita tengah menghadapi suatu kondisi yang sangat mudah memicu munculnya konflik baru akibat perebutan sumber pangan, air dan energi," kata Gatot di Auditorium Utama MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (7/10/2015).

Mengutip penelitian British Petroleum (BP) pada tahun 2011, Gatot mengatakan minyak dunia diprediksi akan habis pada 2056. Menurut dia, perubahan geopolitik akan terjadi menjelang krisis minyak.

Konflik dunia yang kini berputar-putar di Timur Tengah akan bergeser ke kawasan ekuator yang kaya sumber pangan.

Dalam kaitan itu, Gatot mengatakan Indonesia sebagai salah satu negara di wilayah eluator yang memiliki potensi vegetasi sepanjang tahun akan menjadi arena persaingan kepentingan nasional berbagai negara.

Untuk itu, kata dia, perlu langkah antisipasi dan persiapan matang agar Indonesia mampu menjamin tegaknya keutuhan dan kedaulatan negara.

"Seluruh komponen bangsa harus melakukan antisipasi strategis menghadapi ancaman dan tantangan yang saat ini berkembang," ungkap Gatot.

R24/rno/sindo

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:17 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru