riau24 Telkomsel Mau Jadikan Manado 'Gerbang' Internet Internasional | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Telkomsel Mau Jadikan Manado 'Gerbang' Internet Internasional

0
Kantor Telkomsel
Berita Riau -  Telkomsel Mau Jadikan Manado 'Gerbang' Internet Internasional
Jakarta-Riau24.com-Sejalan dengan langkah Telkomsel menggelar jaringan 4G LTE di kota Manado pada Jumat (9/10/2015), perusahaan menyatakan bahwa ibukota Sulawesi Utara ini bakal dijadikan 'pintu gerbang' untuk koneksi Internet Indonesia ke dunia internasional.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengungkapkan, pentingnya Manado bagi Telkomsel selain karena masyarakatnya yang banyak konsumsi data, Manado bakal jadi penghubung Internet internasional setelah Batam.

"Manado sangat istimewa. Kami akan bangun jaringan kabel serat optik South East Asia-United States menuju Guam dan Amerika Serikat. Tentu ini akan jadi pengaruh besar bagi masyarakat," terang Ririek.
Pembangunan jaringan kabel serat optik ini dilakukan oleh Telkom melalui anak usahanya, Telkom International (Telin), yang bergabung dalam Konsorsium South East Asia – United States.

Telkom selaku induk Telkomsel berambisi memiliki jaringan kabel laut internasional yang menghubungkan Indonesia kawasan timur sampai ke Amerika.

Dengan demikian, Telkomsel dapat memanfaatkan serat optik Telkom sebagai jaringan tulang punggung untuk menggelar layanan seluler sampai 4G LTE.

Pihak Telkomsel disampaikan Ririek, meyakini bahwa jalur koneksi internet kabel laut melalui Manado bakal menjadi lebih cepat karena nantinya tak hanya lewat Batam saja, tetapi ada gerbang kedua, yakni Manado sendiri.

"Soal trafik data tidak ke Batam dulu, tapi ke sini (Manado) jadinya mengurangi latensi dan lebih cepat," sambungnya.

Telkomsel menargetkan rencana ini rampung pada pertengahan 2017 mendatang. 

Telkomsel mencatat jumlah pelanggannya di Kota Manado mencapai 587 ribu orang, di mana pertumbuhan penggunaan layanan data meningkat selama semester pertama 2015, yaitu sebesar 30 persen dibandingkan periode yang sama di 2014.

Setelah Manado, rencananya Telkomsel bakal menggelar jaringan 4G LTE di Yogyakarta, Balikpapan, Pekanbaru, dan Batam sebelum 2016 tiba. Sebelumnya mereka telah mengkomersialkan 4G LTE di kota Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Lombok.

R24/rno/cnn 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru