riau24 Presiden : Kita Saat ini Fokuskan Pemadaman Kebakaran Hutan di Sumsel | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Presiden : Kita Saat ini Fokuskan Pemadaman Kebakaran Hutan di Sumsel

1
Kebakaran Lahan dan Hutan
Berita Riau -  Presiden : Kita Saat ini Fokuskan Pemadaman Kebakaran Hutan di Sumsel
Padang-Riau24.com-Padang-Riau24.com-Presiden Joko Widodo mengatakan, untuk pemadaman kebakaran dikonsentrasikan di Sumatera Selatan. Hal itu karena titik api paling banyak terdeteksi di Sumatera Selatan.
 
"Semua prajurit sudah mendarat di Provinsi Sumatera Selatan. Mereka dikomandoi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Luhut Binsar Pandjaitan)," ucap Jokowi saat meninjau pembangunan jalur kereta api Bandara Minangkabau, Minggu, (11/10/2015).
 
Presiden Jokowi berujar, ada lima negara yang akan membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Lima negara itu adalah Singapura, Malaysia, Australia, Rusia, dan Cina.
 
Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) merilis, ada tujuh helikopter dan empat pesawat yang mulai memadamkan kebakaran hutan di Sumatera Selatan.
 
Di antaranya 6 helikopter dari BNPB, 1 helikopter dari Singapura, dua pesawat Air Tractor dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 1 pesawat untuk hujan buatan dari BNPB, dan 1 pesawat Bombardier dari Malaysia.
 
Pemerintah Malaysia telah mengirimkan satu pesawat jenis Bombardir 415 MP dengan kapasitas 6 ton. Tiba Jumat sore lalu, pesawat ini akan beroperasi sampai 16 Oktober 2015.
 
"Praktis hanya lima hari efektif. Setelah itu, pihak Malaysia akan melihat situasi, apakah ditarik pulang atau diperpanjang," ujarnya.
 
Singapura telah mengirimkan 1 helikopter Chinook dengan kapasitas 5 ton air yang tiba pada Sabtu siang kemarin. Heli ini akan dioperasikan selama 13 hari, yaitu 11-23 Oktober 2015.
 
"Pemegang komando kendali nasional adalah Indonesia/BNPB,"ucapnya seraya menambahkan, sedangkan komando pengendali operasi sehari-hari berada pada Komandan Sub-Satgas Udara.
 
Australia juga akan mengirimkan pesawat Thor tipe Hercules L 100 dengan kapasitas 15 ton air. Adapun pengisian air dilakukan dengan memompa dari mobil tangki. Pesawat ini hanya dapat dioperasikan selama lima hari karena masih digunakan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di NSW Australia. Indonesia masih menunggu konfirmasi bantuan pesawat dari negara lain.
 
R24/rul/detik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:19 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru