riau24 Ada Skenario di Balik Revisi UU KPK | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ada Skenario di Balik Revisi UU KPK

1
Aktivis dan mahasiswa berbagai universitas di Manado mengelar aksi damai bertema Save KPK di Bundaran Zero Point Jalan Samratulangi Manado, Sulawesi Utara, Februari lalu. Aksi itu menyikapi konflik KPK dan Polri beberapa waktu lalu.
Berita Riau -  Ada Skenario di Balik Revisi UU KPK

Jakarta-Riau24.com - Pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) beserta partai pendukungnya di DPR dinilai memiliki skenario atau strategi di balik wacana revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengamat Politik Sinergi Masyarakat Indonesia untuk Demokrasi (Sigma) Said Salahudin mengatakan strategi itu dimulai saat enam fraksi di DPR mengusulkan revisi UU KPK masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas tahun 2015.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan sejumlah partai pendukung pemerintah merupakan fraksi yang anggotanya paling banyak mengusulkan revisi UU KPK.

Sementara pada waktu yang bersamaan, kata dia, Presiden seolah-olah menolak rencana revisi UU KPK.

Padahal, kata dia, sebelummya pemerintah merupakan pihak yang pernah berinisiatif melakukan revisi UU tersebut.

"Revisi UU KPK awalnya inisiatif Presiden. Karena kepercayaan publik kepada pemerintah sedang menurun, saya menduga presiden dengan partai pendukung membuat sekenario  seolah-olah presiden tak bersuara soal revisi UU KPK," kata Said, Minggu (11/10/2015).

"Itulah kenapa, partai pendukung pemerintah yang lebih terlihat ngotot dibanding Presiden," sambung Said.

Dia menilai usulan revisi UU KPK secara kasat mata merupakan upaya pelemahan KPK. Hal itu, kata dia, tercermin dalam pasal-pasal revisi UU KPK.

"Kalau dilihat dari draf secara umum, saya menyimpulkan ini melemahkan KPK. Lebih banyak materi yang hendak direvisi adalah tidak tepat," ungkap Said.

R24/rno/sindo

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru