riau24 Asian Games Jakarta-Palembang 2018 | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Asian Games 2018

Asian Games Jakarta-Palembang 2018

0
Asian Games Jakarta-Palembang 2018
Berita Riau -  Asian Games Jakarta-Palembang 2018
Riau24.com Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang terus bergulir. Salah satu tahapan yang dilalui adalah pembuatan logo sebagai penanda penyelenggaraan even empat tahunan tersebut.

Logo Asian Games 2018 bergambar burung cendrawasih pun telah sepakat dipilih. Logo tersebut bahkan telah diluncurkan saat peringatan Hari Olahraga Nasional ke-32 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu 9 September 2015.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi logo pesta olahraga tersebut berupa siluet burung cendrawasih, satwa langka dari tanah Papua, timur Indonesia.

"Ini artinya Asian Games bukan hanya milik Jakarta dan Palembang tapi milik seluruh masyarakat Indonesia. Ada satu kebanggaan daerah tertentu yang kita tampilkan ke permukaan untuk dijadikan simbol nasional," tutur Nahrawi.

Ia juga menjelaskan bahwa warna-warna dalam pada burung Cendrawasih yang dikenal sebagai birds of paradise untuk memadukan elemen-eleman Indonesia dan spirit perjuangan.

Dalam pertemuan dengan pihak Olympic Council of Assembly (OCA) Meeting di Asghabat, Turkmenistan, Wagub DKI Djarot Syaiful Hidayat mengatakan bahwa logo burung Cendrawasih untuk Asian Games telah disetujui. Persetujuan lainnya adalah soal penyelenggaraan event tersebut pada 18 Agustus-2 September 2018 dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

Asian Games 2018 awalnya akan diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, tapi dibatalkan dengan alasan krisis ekonomi dan finansial yang dialami negara tersebut. Jakarta, Indonesia, lalu mengajukan diri dan terpilih. Persetujuan terjadi saat delegasi Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang dipimpin Ketua Rita Subowo bertemu Presiden Olimpiade Asia (OCA) Sheik Fahad Al-Sabah di Kuwait, 26 Juli 2014.

"Jakarta terpilih karena Capital City, hasil survey tim OCA, dan infrastruktur Jakarta sangat mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta. Selain sarana dan prasarana, aspek lainnya adalah akomodasi dan transportasi yang sangat lengkap di Jakarta," ungkap Rita Subowo kala itu.

Jakarta sudah pernah menyelenggarakan Asian Games yaitu pada tahun 1962 dan Palembang akan menjadi kota kelima yang menyelenggarakan Asian Games di luar ibu kota negara setelah Hiroshima (1994), Busan (2002), Guangzhou (2010), dan Incheon (2014). Dan tahun 2018 akan menjadi kegiatan multi-olahraga pertama yang dilaksanakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Pada Asian Games nanti diperkirakan akan terdapat 37 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.


(R24/FjR/Viva)
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru