riau24 PM Malaysia: Jokowi Minta Maaf dan Malu Soal Asap | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

PM Malaysia: Jokowi Minta Maaf dan Malu Soal Asap

1
Presiden Jokowi (Asia One)
Berita Riau -  PM Malaysia: Jokowi Minta Maaf dan Malu Soal Asap

Bogor-Riau24.com-Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak, mengatakan Presiden Joko Widodo menyesal atas kabut asap yang mengganggu negaranya. Penyesalan tersebut disampaikan dalam pertemuan mereka di Istana Bogor, Minggu 11 Oktober 2015.

“Secara tidak langsung, dia meminta maaf dan memahami, dan bahkan merasa tertekan dan malu. Hal ini karena situasi yang rumit, tapi itu bukanlah niatnya untuk untuk menyebabkan hal itu terjadi,” kata Najib, sebagaimana dikutip dari laman Asia One, Senin 12 Oktober 2015.

Malaysia telah mengirim bantuan berupa pesawat Bombardier 415MP untuk memadamkan api yang membakar hutan di wilayah Indonesia. Najib yang berkunjung dalam rangka peningkatan kerjasama bilateral dalam industri minyak sawit dan lingkungan ini mengatakan, Malaysia siap menambah bantuan.

Menurut Najib, kabut asap yang terjadi saat ini disebabkan teknik pembukaan lahan yang dilakukan dengan cara membakar. Dengan cara itu, maka perusahaan pengolah lahan bisa menekan biaya hingga 40 kali lipat.

Meski demikian, kata dia, Malaysia tidak akan mengambil langkah hukum terhadap perusahaan yang membakar hutan si Sumatera. Malaysia menyerahkan sepenuhnya tindakan hukum atas perusahaan pembakar lahan kepada pemerintah Indonesia.

“Kami diberi informasi bahwa perusahaan perkebunan hanya bertanggung jawab untuk 3 persen kebakaran,” kata Najib.

Dia juga mengomentari teknik pembuatan kanal untuk pemadaman api yang dilakukan oleh Indonesia. Menurut dia, cara ini memerlukan waktu yang lama untuk memadamkan kebakaran hutan yang luas.

“Saya memberi tahu Presiden Jokowi bahwa asap memengaruhi Malaysia, khueuenya kesehatan, transportasi, jadwal sekolah, dan juga sosial ekonomi secara keseluruhan,” tambah Najib. 

R24/rno/dream 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:18 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru