riau24 Di Ikuti Sebanyak 52 Peserta Se- Meranti | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Festival Layang-Layang Pulau Merbau Resmi Di Buka,

Di Ikuti Sebanyak 52 Peserta Se- Meranti

0
Foto bersama Panitia pelaksana, Kadisparpora Meranti, pihak Polsek Merbau, Camat Pulau Merbau dan peserta layang layang saat pembukaan festival
Berita Riau -  Di Ikuti Sebanyak 52 Peserta Se- Meranti

Meranti-Riau24.com- Sebanyak 52 peserta mengikuti Festival Layang-Layang yang ditaja oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti dan bertempat di Pantai Beting Beras, Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti pada 12-13 Oktober 2015.

Kegiatan Festival Layang-Layang yang perdana di gelar tersebut dibuka secara resmi oleh Kadisparpora Kepulauan Meranti, Drs H Ishak Izrai pada Senin siang. Kegiatan itu juga mendapat respon positif dari kalangan masyarakat terutama bagi pecinta layang-layang terutama di Kecamatan Pulau Merbau. Ketua Panitia pelaksana, Ricky Kurniawan saat dikonfirmasi Selasa (13/10/2015) menjelaskan, kita menginginkan agar Festival Layang-Layang yang digelar di Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau itu menjadi agenda tahunan Disparpora Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita berharap kegiatan seperti ini kedepannya bisa dijadikan agenda tahunan oleh Disparpora Kepulauan Meranti, dan festival layang-layang yang perdana kita gelar di Pantai Beting Beras di Kecamatan Pulau Merbau ini kedepannya akan lebih meriah lagi," ungkapnya berharap.

Kepala Desa Kuala Merbau, Efendi Alwi mengungkapkan bahwa selain mempertahankan permainan tradisional yang hampir punah itu, Festival layang-layang yang digelar itu juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap hoby masyarakat.

"Masyarakat di Desa Kuala Merbau ini khususnya menginginkan agar Pantai Beting Beras menjadi objek wisata utama di Meranti, dan festival layang-layang ini bisa menjadi agenda tahunan Dinas Pariwisata Kepulauan Meranti," sebut Efendi pula.

Sementara itu, Camat Pulau Merbau, H Edy M Nur, mengatakan, permainan layang-layang ini merupakan permainan tradisional yang hampir punah. Dimana sudah tidak banyak lagi anak-anak yang bisa membuatnya.

"Permainan layang-layang ini merupakan permainan tradisional yang perlu dipertahankan dan harus kembangkan. dengan lokasi pantai yang begitu bagus seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat memainkan layang-layang, hanya saja tinggal pembenahannya lagi," ucap Edi pula.

Sementara itu, Kadisparpora Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Ishak Izrai, mengatakan jika pihaknya terus berusaha menggali potensi yang ada di Kabupaten terbungsu di Riau itu, terutama daerah-daerah yang memang mempunyai potensi wisata alam yang bisa di kembangkan. Salah satunya potensi wisata di Kecamatan Pulau Merbau yakni Pantai Beting Beras dan Pantai Dara Sembilan di Tanjung Bunga.

"Pantai ini sudah lumayan bagus, dan harus terus dibenahi agar keberadaan pantai ini benar-benar menjadi kebutuhan sebagai tempat objek wisata masyarakat di Kepulauan Meranti nantinya," kata Ishak.

Selanjutnya, Ishak juga mengharapkan peran aktif masyarakat Pulau Merbau terutama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan para pengunjung yang datang ke pantai beting beras tersebut.

"Kalau sudah pengunjungnya merasa aman dan nyaman, tentunya pantai ini akan semakin dikunjungi lebih ramai lagi. biarkan kita menjual potensi wisata kita dulu agar dikenal lebih luas lagi kedepannya," ungkap Kadisparpora Kepulauan Meranti itu berharap.

Sebagai informasi, Pada pelaksanaan Festival tersebut, pihak panitia menghadirkan 3 dewan juri yakni, 2 Juri dari Kabupaten dan 1 lagi dari pihak Kecamatan.

Untuk penilaian diambil dari 3 kategori, diantaranya keunikan atau keindahan Layang-Layang, lengggok atau lenggak layang di udara, dan dengung atau bunyi layang.

R24/awa/ndi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru