riau24 Ritual Warga Kotagede Menyambut Tahun Baru Islam | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Ritual Warga Kotagede Menyambut Tahun Baru Islam

1
Tepat pukul 00.00 yang merupakan saat pergantian Tahun Baru Hijriyah, dimana lafalan doa telah selesai, para abdi dalem pun membagikan santapan bubur Suro yang terdiri dari bubur putih disiram sayur terik dengan lauk tahu, telur dadar dan ayam suwir. (Fot
Berita Riau -  Ritual Warga Kotagede Menyambut Tahun Baru Islam
Yogyakarta-Riau24.com-Warga Yogyakarta menyambut Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah yang jatuh pada Rabu (14/10/2015) dengan melakukan rangkaian ritual semalam sebelumnya.

Di Kotagede misalnya, ratusan warga melakukan doa bersama malam 1 Suro pukul 23.00 WIB pada Selasa (13/10/2015), yang diawali dengan prosesi pembersihan diri lewat mandi di sumber air atau Sendang Seliran.

Doa bersama dengan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran dipimpin oleh sesepuh abdi dalem Kotagede, Suro Budoyo, yang diikuti oleh warga peserta ritual. Suasana pun hening dan khidmat.
Tepat pukul 00.00 yang merupakan saat pergantian Tahun Baru Hijriyah, dimana lafalan doa telah selesai, para abdi dalem pun membagikan santapan bubur Suro yang terdiri dari bubur putih disiram sayur terik dengan lauk tahu, telur dadar dan ayam suwir.

"Bubur ini merupakan simbol tolak balak, penghilang sial dan kejelekan. Sehingga di tahun baru ini manusia lebih mendapatkan kebaikan", ungkap pemimpin ritual Suro Budoyo.

Sri Utami, salah seorang pengunjung mengaku sengaja datang mengikuti ritual malam 1 Suro di Kotagede ini untuk mengalap berkah bagi dirinya dan keluarganya. Wanita asal Semarang ini pun rela datang lebih awal sebelum prosesi ritual digelar.

"Saya jam 6 sore sudah sampai di sini. Pengen ikut ritual supaya dapat berkah, karena saya habis jatuh dan tangan saya patah", ujar ibu empat anak ini.

Sri menambahkan bahwa dia juga ikut melakukan prosesi pembersihan diri dengan mandi di Sendang Putri, kompleks Kotagede.

"Saya mandi dua kali, sebelum ritual dan sesudah ritual. Saya orang Jawa jadi harus ikut tradisi leluhur", tambah Sri.

Kotagede sendiri merupakan kompleks bangunan yang utamanya adalah makam dari Panembahan Senopati, pendiri Kerajaan Mataram yang dulunya bernama Danang Sutowijoyo.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:28 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru