riau24 Atasi Karhutla di Meranti, PT SRL Siap Bantu Pemkab  | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Atasi Karhutla di Meranti, PT SRL Siap Bantu Pemkab 

0
Tim Karhutla PT SRL di Meranri
Berita Riau -  Atasi Karhutla di Meranti, PT SRL Siap Bantu Pemkab 
Meranti-Riau24.com-Manajemen PT Sumatera Riang Lestari (PT SRL) Blok V, Perusahan Hutan Tanaman Industri (HTI) disaat ini beroperasi di Kabupaten Meranti menyatakan kesiapannya dalam berjibaku melawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pada daerah ini.
 
Tegor Tampubolon selaku Kepala  penanggung jawab kebakaran PT SRL Blok V, untuk di Kecamatan Rangsang dalam rilisnya diterima wartawan, menuturkan, bahwa timnya akan selalu siap apabila ditemukan kasus Karhutla berada di luar konsesi PT SRL.
 
"Kita memiliki sumberdaya dan peralatannya lengkap menunjang kegiatan pemadaman. Apabila ini nanti ditemukan kasus Karhutla di Kabupaten Meranti. Tim berada di PT SRL ini siap berjibaku," sebut Tegor. Ia menambahkan, didalam mengantisipasi kasus Karhutla ini, manajemen melakukan koordinasi dengan berbagai pihak.
 
"Fire Control PT SRL blok V akan secara intensif melakukan patroli bersama warga serta tempatkan personil tim inti pada lokasi yang menjadi perhatian serius di luar wilayah konsesi kami. Yaitu lahan tidur dengan kondisinya vegetasi hamparan ilalang maupun pakis-pakisan," katanya.
 
Masih menurut Tegor, kegiatanya patroli ini melibatkan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang dibentuk dan dikukuhkan perusahaan dan bertujuan mencegah munculnya titik api akibat pembukaan lahan maupun akibat kelalaian. Selain patroli, juga membuat pos pantau dibangun secara gotong-royong di atas lahan milik warga
 
"Kita sangat fokus mencegah dan menanggulang kasus Karhutla ini. Apalagi partisipasi masyarakat ini, tergabung dalam MPA itu sangat tinggi. Apalagi, disaat ini Provinsi Riau masih saja dilanda kemarau panjang. Selain patroli, juga buat pos pantau yang dibangun secara gotong-royong," katanya.
 
Tegor menjelaskan, pembuatan sarana pemantauan titik api yang di lahan masyarakat merupakan suatu bentuk kerjasama dan juga saling bersinergi guna mencegah dan menanggulangi karhutla. Hal ini disiapkan berbagai macam alat pemadaman berupa 5 unit pompa jenis mark3, 4 unit mini striker, 2 unit water floto dan 71 rol selang dan puluhan alat konvensional.
 
"Ini bisa gunakan dalam berbagai macam kondisi. Tentunya, untuk memudahkan pemantauan. kita juga memiliki menara api dan siap apabila dibutuhkan ini membantu memadamkan api berada di lahan masyarakat," akui Tegor sembari tegaskan, sejauh ini untuk lahan konsesi milik PT SRL blok V tetap dalam keadaaan aman.
 
Kendati demikian, ia bersama tim Damkar perusahaan tetap siaga apabila nanti ditemukan titik dan sumber api. "Kita selalu terapkan metode tanpa bakar atau zero burning dalam segala aktivitas kegiatan operasional. Karena ini lahan merupa aset harus dijaga," tutupnya.
 
R24/rul/rls
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru