riau24 9 Sungai di Jambi Tercemar Limbah Beracun | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

9 Sungai di Jambi Tercemar Limbah Beracun

1
Sungai Batanghari di Jambi
Berita Riau -  9 Sungai di Jambi Tercemar Limbah Beracun

Jambi-Riau24.com-Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jambi menyatakan, 9 anak sungai Batanghari yang mengular di Jambi sudah tercemar limbah beracun. Untungnya, air sungai di Kota Jambi tidak dikonsumsi oleh warga.

"Sebagian besar tercemar limbah rumah tangga domestik," ujar Kepala BLH Kota Jambi Evi Primawati, Rabu (14/10/2015).

Menurut dia, kandungan Biochemical Oxygen Demand (BOD) di 9 anak sungai dan dua danau di Kota Jambi sangat tinggi, yakni di atas baku mutu karena tercemar limbah. Hal itu diketahui dari uji petik yang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali. Uji petik bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi batas baku mutu air di setiap anak sungai.

"Beruntung air sungai di Kota Jambi tidak ada yang mengonsumsi, sebagian besar warganya menggunakan air PDAM," kata Evi.

Untuk memulihkan kondisi air sungai, Evi telah mengusulkan agar Pemerintah Kotamadya Jambi mengalokasikan anggaran khusus bagi setiap kelurahan yang terdapat anak sungai. Anggaran itu untuk biaya gotong royong pembersihan sungai. 

"Tahun 2016 nanti, kami berharap anggaran itu sudah masuk APBD," kata Evi lagi.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Provinsi Jambi, Musri Nauli, menilai maraknya alihfungsi kawasan sungai menjadi pemukiman dan bangunan lain menjadi penyebab utama air sungai tercemar limbah.

"Selain banyaknya pemukiman yang memproduksi limbah rumah tangga, padatnya pemukiman di kawasan daerah aliran sungai bisa juga menyebabkan banjir karena sungai lama-lama tidak dapat menampung debit air," beber Musri.

Karena itu, ujar Musri, sudah saatnya masyarakat dan warga bahu-membahu mengubah perilaku untuk tidak membuang sampah sembarangan di sungai. 

"Kesadaran harus ditimbulkan bersama, pemerintah menyediakan fasilitas penampungan sampah yang cukup. Warga juga harus berubah dan disiplin dalam menjaga kelestarian sungai," kata Musri.

R24/rno/liputan6 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:27 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru