riau24 Bishop: Kekuatan Rusia Menurun, RI Salah Satu Kekuatan Dunia | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Bishop: Kekuatan Rusia Menurun, RI Salah Satu Kekuatan Dunia

0
Menlu Australia, Julie Bishop menyebut kekuatan Rusia menurun dan Indonesia jadi salah satu kekuatan dunia. | (Daily Telegraph)
Berita Riau -  Bishop: Kekuatan Rusia Menurun, RI Salah Satu Kekuatan Dunia

Washington - Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop, pada Kamis (15/10/2015) mengatakan bahwa kekuatan Rusia menurun. Sebaliknya, China, India, Jepang dan Indonesia menjadi kekuatan dunia atau global.
 
Dalam sebuah forum di Washington, Bishop mengatakan, kebangkitan ekonomi Asia disertai dengan peningkatan kepentingan strategis, kekuatan militer dan “soft power”.
 
“Pada saat yang sama kekuasaan di tempat lain relatif menurun,” katanya kepada forum Centre for Strategic and International Studies. Namun, Bishop menegaskan analisanya itu tidak mengacu pada Amerika Serikat (AS) yang selama ini dipandang sebagai pemimpin global.
 
”Beberapa kekuatan menurun, dan tidak menampilkan ketegasan Presiden Putin yang lebih baru, saya akan menempatkan Rusia dalam kategori ini,” kata Bishop, seperti dikutip Sky News.
 
Bishop lantas menyampaikan data pangsa ekonomi global Rusia anjlok 1,6 persen. Hal itu menjadikan kekuatan ekonomi Rusia masuk di urutan ke-15 dunia. Kondisi itu berbeda dengan tahun 1980 di mana kekuatan ekonomi Rusia yang kala itu masih Uni Soviet ada di peringkat empat dunia dengan pangsa pasar global 7,7 persen.
 
Menurut Bishop, pamer kekuatan militer oleh Rusia dalam krisis Ukraina tidak menunjukkan kekuatan Rusia yang sebenarnya. Sedangkan perilaku China di panggung internasional lebih bernuansa, karena berusaha menjadi pemeran yang lebih besar dalam forum global seperti PBB.

R24/rno/sindo

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru