riau24 Tumbuhkan Minat Baca, Pemkab Siak Lakukan Berbagai Inovasi | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Tumbuhkan Minat Baca, Pemkab Siak Lakukan Berbagai Inovasi

0
Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Siak, Herayulwita
Berita Riau -  Tumbuhkan Minat Baca, Pemkab Siak Lakukan Berbagai Inovasi
Siak-Riau24.com-Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah di Kabupaten Siak, Herayulwita, mengatakan, disaat ini pihaknya berusaha dan berupaya didalam halnya meningkatkan minat baca masyarakat. Khususnya, kepada kalangan pelajar.
 
"Membaca, merupakan kegiatan meresepsi, menganalisa, dan itu menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan disampaikan penulis dalam media tulisan. Dengan membaca pengetahuan dipastikan nantinya bertambah. Maka, sejak dini para pelajar harus antusias membaca,"
katanya.
 
Maka kata Herayulwita, pihaknya terus berupaya meningkatkan itu minat baca. Tentunya, ini melalui berbagai program kegiatan yang dilakukan. Salah satunya dengan memberi matrikulasi pada orang tua, bagaimana hal menanamkan minat baca ini sejak dini terhadap anak-anak mereka.
 
Lebih lanjut Herayulwita tegaskan bahwa maksud daripada tujuanya matrikulasi yang diberikan kepada orang tua ini agar mengerti dalam metoda menanamkan minat baca anak sejak dini. "Bukan hanya itu matrikulasi kepada orang tua, tapi kami juga memberikan matrikulasi kepada Staff dan pegawai kantor kami dalam pelayanan," ujarnya.
 
Selain itu kata Herayulwita, dalam hal ini, pihaknya selalu memajang dari buku-buku best seller terbaru yang didapat tiap bulannya. Tentu guna menarik daripada perhatian pengunjung setiap harinya. Yang dilakukan ini mencetak anak-anak cerdas. Dengan seringkali anak-anak membaca buku, maka para pelajar sudah mengetahui intisari dari buku tersebut.
 
“Yang kita harapkan pada mereka seperti itu, menyerap intisari buku dalam waktu 10 menit. Sehingga, nantinya dapat meningkatkannya pengetahuan. Karena itu, dengan membaca maka akan mengetahui hal-hal kejadian yang ada d muka bumi. Sebab membaca itu, tentu gudang ilmu," ujar Herayulwita.
 
Dikatakannya, kalau budaya baca telah memasyarakat dengan baik persentase yang tinggi, tentunnya pengetahuan para pelajar ini tidak akan tertinggal. Karena tiap tahun dunia pengetahuan itu meningkat.
Maka, pihaknya akan bangkitkan agar tidak tertinggal kemampuan pengetahuan.
 
"Pihaknya yakin itu meningkatkan budaya membaca dengan melalui berbagai program yang disiapkan timnya. Insya Allah perpustakaan bisa mengarah kesana (lebih baik lagi). Tapi hal ini, memang bukan pekerjaan ringan. Karena jika kita mengubah prilaku atau budaya ini harus tetap optimis," katanya.
 
R24/rul/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru