riau24 Ke AS, Jokowi Minta Google Terbangkan Balon Internet di Papua | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Ke AS, Jokowi Minta Google Terbangkan Balon Internet di Papua

0
Balon Internet milik Google (Dok. Google Plus Project Loon)
Berita Riau -  Ke AS, Jokowi Minta Google Terbangkan Balon Internet di Papua
Jakarta-Riau24.com-Selain mengunjungi Apple dan bertemu dengan CEO Tim Cook, rencananya dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat juga turut menyambangi perusahaan teknologi lainnya, salah satunya adalah Google.

Tak seperti di Apple, belum diketahui apakah Jokowi akan bertemu dengan petinggi Google seperti CEO Sundar Pichai atau pejabat Alphabet--induk perusahaan Google, Larry Page, Eric Schmidt dan Sergey Bin.

Namun seperti diungkapkan oleh Menpolhukam Luhut Panjaitan, bahwa pertemuan Jokowi dengan pihak Google salah satu agenda yang dibahas adalah mendiskusikan akses internet nirkabel ke Papua dan wilayah Indonesia Timur lainnya.

Salah satu yang diminta oleh Jokowi adalah meminta balon pintar internet Google bisa sampai ke daerah sana. Demikian yang dikutip Reuters, Jumat (16/10/2015).

Balon pintar yang mampu menyambungkan akses internet buatan Google ini dinamai Project Loon. Di Australia, Google telah melakukan ujicoba dengan merangkul operator telekomunikasi setempat, Telstra.

Cara Project Loon ini bekerja adalah dengan meluncurkan 20 balon udara di bagian barat Quennsland. Google tidak membeli atau menyewa frekuensi di Negeri Kanguru tersebut.

Dalam proyek ini, Telstra memberi izin pada Project Loon untuk mengakses jaringan BTS memanfaatkan spektrum frekuensi 2,6 GHz. Nantinya, warga akan menerika koneksi Wi-Fi di perangkat komputernya.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru