riau24 Mulai Desember 2015 Beli Kartu SIM Harus Pakai KTP | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Mulai Desember 2015 Beli Kartu SIM Harus Pakai KTP

0
Pembelian kartu SIM yang baru kini tak bisa lagi sembarangan (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Berita Riau -  Mulai Desember 2015 Beli Kartu SIM Harus Pakai KTP
Jakarta-Riau24.com-Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan aturan baru registrasi kartu SIM seluler prabayar akan membantu operator seluler mendapatkan pelanggan berkualitas dan mendorong pendapatan perusahaan telekomunikasi.

Menurut Rudiantara, saat ini pasar seluler di Indonesia mulai jenuh dan semua pihak diharapkan mendukung untuk mencapai tingkat kematangan. Kini bukan saatnya lagi bagi perusahaan telekomunikasi untuk mengejar jumlah pelanggan, tetapi mulai harus mengincar pendapatan.

"Sekarang ada 300 juta SIM yang terdaftar tapi kalau unique customer hanya 160 sampai 170 juta. Kalau kita dorong begini akan makin banyak pelanggan berkualitas," tutur Rudiantara saat ditemui di kantornya, Selasa (13/10/2015) kemarin.

Sekalipun terjadi pertumbuhan jumlah pelanggan seluler di suatu perusahaan pada masa depan, Rudiantara memprediksi hal "itu sifatnya replacement dari SIM Card yang sudah ada."

Penertiban ini secara umum meminta pelanggan seluler mendaftarkan identitas lengkapnya melalui layanan yang telah disediakan masing-masing perusahaan telekomunikasi penyedia layanan prabayar.

Dengan sistem registrasi kartu SIM seluler prabayar yang diperketat ini, diharapkan juga bisa menekan angka pelanggan "palsu" yang membeli kartu SIM untuk kegiatan sekadar iseng sampai kejahatan berbasis digital.

Penertiban ini berlaku mulai 15 Desember 2015, di mana semua pembelian kartu prabayar akan didaftarkan oleh petugas yang telah ditunjuk oleh perusahaan telekomunikasi. Pembeli wajib menunjukkan kartu identitas.

Namun, aturan ini menurut Rudiantara belum final karena masih ada perubahan pada sistem pendaftarannya. "Kemarin ada perubahan tata cara, tadinya mau pakai semacam ID retail terus kemungkinan akan diubah lagi menjadi harus berbentuk fisik," kata Rudiantara.

Menurutnya, tak menutup kemungkinan pedagang di kios bisa menjadi tempat untuk melakukan pendaftaran, selama pedagang kios itu terdaftar sebagai mitra resmi perusahaan telekomunikasi.

R24/rno/cnn
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru