riau24 Gandeng Jepang, Pertamina Bangun PLTG di Sumut 250 MW Rp 3,3 T | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Gandeng Jepang, Pertamina Bangun PLTG di Sumut 250 MW Rp 3,3 T

0
Berita Riau -  Gandeng Jepang, Pertamina Bangun PLTG di Sumut 250 MW Rp 3,3 T
Jakarta-Riau24.com-Sumatera Utara (Sumut) masih mengalami krisis pasokan listrik. Hal ini mengundang PT Pertamina (Persero) bersama perusahaan asal Jepang yakni Sojitz Corporation, untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Sumut dengan kapasitas 1 x 250 megawatt (MW).

Langkah ini juga sekaligus memaksimalkan fasilitas Arun Receiving, Hub and Regisification LNG Terminal, di Aceh, serta pipa transmisi gas open access Arun-Belawan.

Untuk membangun PLTGU ini, dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan antara Vice President Gas & Power Commercialization Pertamina, Ginanjar, General Manager Power Project Department Sojitz Corporation, Takuji Asano, dan Direktur Utama PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara Tasimin Muhammad Tasya yang disaksikan oleh Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan SVP Gas and Power Pertamina Djohardi Angga Kusumah di Kantor Pusat Pertamina.

"Investasi yang dibutuhkan mencapai US$ 1 juta per 1 MW, jadi total dana yang diperlukan sekitar US$ 250 juta untuk 250 MW (atau sekitar Rp 3,3 triliun dengan kurs Rp 13.500)," kata Ganjar dalam keterangannya, Jumat (16/10/2015).

Ditambahkan Vice Presiden Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, berdasarkan data PLN menunjukkan Sumatera Utara memerlukan tambahan pasokan listrik sebesar 700-800 MW untuk benar-benar terhindar dari pemadaman bergilir. 

"Untuk itulah kami menandatangani nota kesepahaman bersama para mitra untuk merealisasikan pembangunan PLTGU IPP berkapasitas 1x250 MW. Langkah ini sekaligus dapat mengoptimalkan manfaat infrastruktur gas yang telah kami bangun di Aceh dan Sumatera Utara. Tentu saja, pembicaraan konstruktif dan penuh komitmen dengan PLN sebagai single buyer listrik sangat diperlukan untuk merealisasikan proyek ini," terang Wianda.

Sojitz Corporation merupakan perusahaan international IPP developer yang memiliki reputasi yang baik dan akan berperan penting dalam pembangunan PLTGU yang direncanakan berlokasi di Medan.

Adapun, Pembangunan Prasarana Sumatera Utara merupakan salah satu BUMD di Sumatera Utara yang memiliki komitmen yang sangat kuat untuk dapat mengatasi krisis listrik di Sumatera Utara.

R24/rno/detik 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru