riau24 DPR Heran Jokowi Terkesan 'Birokratis' Soal Kebakaran Hutan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

DPR Heran Jokowi Terkesan 'Birokratis' Soal Kebakaran Hutan

2
Presiden Joko Widodo pantau lokasi kebakaran hutan (ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo)
Berita Riau -  DPR Heran Jokowi Terkesan 'Birokratis' Soal Kebakaran Hutan
Riau24.com-Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Lukman Edy, melihat pemerintah sangat lamban menangani kebakaran hutan yang mengakibatkan kabut asap. Ini membuat pemerintah harus meminta bantuan negara lain untuk memadamkan.
 
"Saya heran kenapa pemerintah sekarang begitu birokratis, meminggirkan empati, padahal Presiden Jokowi yang kita tahu suka yang praktis dan cepat," katanya di saat dihubungi, Jumat 16 Oktober 2015.
 
Menurut Lukman, bila Presiden Jokowi dari awal menetapkannya sebagai bencana nasional, masalah ini akan lebih mudah diselesaikan. Penegakan hukum atas pembakar hutan akan lebih tegas.
 
Bagi Lukman, ketakutan dengan penerapan status bencana nasional akan menjadikan perusahaan pembakar lahan bisa cuci tangan merupakan persepsi yang salah besar.
 
"Kalau ditetapkan sebagai bencana nasional akibat perbuatan manusia, malah sangsi yang diterapkan kepada perusahaan pembakar akan lebih berat, karena bisa dianggap sebagai pelaku kejahatan kemanusiaan," kata Lukman.
 
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa ini melihat Presiden Jokowi juga salah memahami Undang-undang penanganan bencana. 
 
"Soal payung Peratuiran Presiden (Perpres) ini sebenarnya pemerintah keliru dalam menterjemhkan UU No 24 tahun 2007. Perpres memang diperlukan tetapi UU No 24 tahun 2007 sudah cukup memberikan payung kalau pemerintah ingin bergerak cepat," kata Lukman.

R24/rno/viva 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 12 Juli 2017 02:07 wib
Menjadi pemenang Bersama Bolavita D8C363CA (NEW) http://i.imgur.com/A5oZI6Q.jpg
Andri
Sabtu, 17 Oktober 2015 12:20 wib
malu melihat kejadian tahun 2015 ini,kejadian kebakaran hutan di indonesia gak bisa di atsi oleh indonesia sendri,sehingga negara asing yang ikut campur,.bagai mana mengatasi masalah besar yang lain..
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru