riau24 Polhut Siak ini Malah Ngaku Kerap Kecolongan dari Pembalakan Liar | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Polhut Siak ini Malah Ngaku Kerap Kecolongan dari Pembalakan Liar

0
Kerusakkan Hutan Lindung di Siak yang Diakibatkan Illog
Berita Riau -  Polhut Siak ini Malah Ngaku Kerap Kecolongan dari Pembalakan Liar
Siak-Riau24.com-Kawasan Hutan Lindung atau Suaka Marga Satwa ini terdapat di wilayah Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak. Tapi, kini mulai terancam akan kelestarian. Hal itu diakibatkan banyak pelaku pembalakan liar (iIlog, red) yang menjarah kawasan tersebut.
 
Tapi anehnya, instansi berwenang menangani masalah pengawasan dan perlindungan hutan di daerah Kabupaten Siak ini seolah lamban mengambil tindakan. Bahkan ada terkesanya seperti tidak mau tahu dengan kondisi hutan di negeri ini, yang semakin mengkhawatirkan.
 
Hal itu terbukti, penemuan kayu olahan oleh pihaknya tim Damkar hendak melakukan pemadaman api di kawasan hutan lindung KM 83 Kecamatan Dayun. Dimana itu ditemukan bekas-bekas aktivitas dari pembalakan liar. Bahkan ada tumpukan papan dan beloti yang ditaksir mencapai puluhan kubik.
 
"Dari hasil penelusuran yang kami lakukan bersama-sama pihak Tim Damkar Siak beberapa waktu lalu di kawasan Hutan Lindung KM 83 itu, ditemukan jejak-jejak aktivitas pembalakan liar. Dan ditemukan juga tumpukan kayu olahan jenis meranti diperkirakan ini sekitaran 10 kubik,” terang Miswanto ini.
 
Miswanto yang wartawan di Siak ini mengatakan, dengan adanya temuan kayu olahan yang diduga hasil pembalakkan liar. Makanya, sebagai awak media termotivasi untuk mengkonfirmasikan kepada pihak Polisi Kehutanan (Polhut) di Siak. Dengan harapan, masalah ini segera ditangani serius.
 
Terkait ini Kepala Satuan (Kasat) Polhut Siak Syafrizal dikonfirmasi hal tersebut. Tampak akan begitu terkejut. Bahkan mengaku, terkait aktivitas pembalakkan liar berada dikawasan kerap kecolongan dari kegiatan mengancam di kawasan hutan lindung di Kabupaten Siak tersebut.
 
"Kami ini melakukan patroli rutin minimal itu satu minggu sekali di Kawasan Hutan Lindung. Namun karena keterbatasan personil, hal ini buat kami mengalami kesulitan melacak keberadaan aktivitas Ilog (pembalakkan liar, red) tersebut. Bahkan kerap kecolongan, setiap menggelar patroli," ujarnya.
 
Dijelaskanya, kendati gagal untuk menangkap pelaku. Tetapi, belum lama ini pihak Polhut Siak berhasil menyita akan hasil pembalakkan berada di kawasan hutan itu. Ada ini sebanyak 3 kubik kayu olahan diamankan. Oleh sebab itu minta pada seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan.
 
R24/rul/lin
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru