Selasa, 02 September 2014
Kawasan Danau Maninjau
Dua kecamatan di Kabupaten Agam yang dilanda Banjir.
0
R24/Net
Dua kecamatan di Kabupaten Agam yang dilanda Banjir.
Maninjau, (Riau24)--- Hujan deras sejak siang hari menyebabkan dua kenagarian di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dilanda banjir bandang. Banjir ini menenggelamkan 150 rumah dan sekitar 100 hektar sawah, Senin 25 Maret 2013.

Bambang Warsito, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, mengatakan banjir terjadi sekitar pukul 16.00 WIB setelah hujan deras mengguyur daerah pinggiran Danau Maninjau ini.

"Di Kecamatan Tanjung Raya, dua nagari yang terkena banjir bandang adalah Koto Kaciak dan Kotogadang VI Koto. Banjir mulai terjadi sekitar pukul empat sore," kata Bambang kepada VIVAnews via telepon.

Dari hasil pantauan BPBD Agam, malam tadi banjir sudah mulai menyusut. "Warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari sisa-sisa materil yang dibawa arus banjir. Meski rumahnya terendam banjir, tidak ada masyarakat yang mengungsi. Untuk membantu masyarakat, Pemkab membantu masyarakat dengan nasi bungkus untuk makan malam," ujarnya.

Selain di Tanjung Raya, banjir bandang juga terjadi di Nagari Salareh Aie, Kecamatan Palembayan. "Di lokasi ini, tidak ada rumah yang terendam. Tapi, satu jembatan dikabarkan putus," tambah Warsito.

Untuk normalisasi sungai, kata Warsito, pemerintah sudah menurunkan satu unit alat berat. "Besok pagi akan mulai bekerja."

Bambang menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Hanya kerusakan fisik seperti rumah masyarakat dan sekolah". (R24/Vivanews/ina)
Silahkan SMS ke No HP : 0812 6866 1601, Invite Pin BB : 2756E754,
atau email ke alamat : redaksi@riau24.com
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     
  • Subscribe

    untuk mendapatkan berita terbaru

Baca

Versi mobile Riau24 disini

m.Riau24.com