riau24 Polisi Tahan 5 Orang dari Korporasi Asing Terkait Kebakaran Hutan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Polisi Tahan 5 Orang dari Korporasi Asing Terkait Kebakaran Hutan

1
Foto: Grandyos Zafna
Berita Riau -  Polisi Tahan 5 Orang dari Korporasi Asing Terkait Kebakaran Hutan
Jakarta-Riau24.com - Kepolisian terus mengusut keterlibatan perusahaan asing dalam bencana kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. Ada 5 pihak dari perusahaan asing yang sudah ditahan polisi.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Anang Iskandar mengatakan, dari perkembangan penyelidikan dan penyidikan sampai tanggal 18 Oktober 2015, kepolisian telah menahan 85 tersangka pembakaran hutan dan lahan.

"Rinciannya 80 orang tersangka perorangan dan 5 orang tersangka korporasi," kata Komjen Anang di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Suharsono mengatakan, penahanan terhadap lima pejabat perusahaan itu dilakukan di Polda Riau dan Sumatera Selatan.

"Penahanan dilakukan terhadap level manajemen perusahaan," kata Suharsono.

Data yang didapat Suharsono dari penyidik di Bareskrim menyebutkan, hingga tanggal 18 Oktober 2015, ada 240 tersangka, rinciannya 223 perorangan dan 17 korporasi. 

Informasi yang dikumpulkan detikcom, 5 korporasi merupakan perusahaan PMA dari China, Malaysia, Singapura dan Australia.

Sementara itu, berdasarkan pasal 116 Undang-undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UU 32/2009), disebutkan apabila perusahaan atau korporasi diduga melakukan praktik tindak pidana lingkungan hidup, maka hukuman fisik akan dikenakan kepada orang yang memberi perintah atau pemimpin kegiatan dalam tindak pidana tersebut.

Adapun bunyi pasal 116 UU 32/2009 adalah:

(1) Apabila tindak pidana lingkungan hidup dilakukan oleh, untuk, atau atas nama badan usaha, tuntutan pidana dan sanksi pidana dijatuhkan kepada:
a. badan usaha; dan/atau
b. orang yang memberi perintah untuk melakukan tindak pidana tersebut atau orang yang bertindak sebagai pemimpin kegiatan dalam tindak pidana tersebut.

(2) Apabila tindak pidana lingkungan hidup sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang, yang berdasarkan hubungan kerja atau berdasarkan hubungan lain yang bertindak dalam lingkup kerja badan usaha, sanksi pidana dijatuhkan terhadap pemberi perintah atau pemimpin dalam tindak pidana tersebut tanpa memperhatikan tindak pidana tersebut dilakukan secara sendiri atau bersama-sama. 

R24/rno/detik
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 27 Oktober 2017 15:30 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/3kH5LyG.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru