riau24 BBKSDA : Lahan Terbakar dan Rusak di Zamrud Cagar Biosfer Siak itu Bukan Hutan Lindung | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

BBKSDA : Lahan Terbakar dan Rusak di Zamrud Cagar Biosfer Siak itu Bukan Hutan Lindung

0
Kawasan Hutan Lindung Zamrud di Siak ini Rusak
Berita Riau -  BBKSDA : Lahan Terbakar dan Rusak di Zamrud Cagar Biosfer Siak itu Bukan Hutan Lindung
Pekanbaru-Riau24.com-Aktifitas pengrusakkan di kawasan hutan lindung Zamrud Siak yang disaat ini sebagai Cagar Biosfer, sudah kian memprihatinkan. Bahkan ini adanya Kebakaran Hutan Lahan (Karhutla) dan pembalakkan liar.
 
Namun ketika ini dikonfirmasi ke 
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, tapi terkesan lari dari tanggungjawab.
Ini terungkap dari pernyataannya dari Kepala BBKSDA Riau Kemal Amas. "Lahan terbakar itu bukan di hutan lindung," ujarnya.
 
Dikatakannya, kebakaran berada di luar kawasan konservasi, yang masih jauh beberapa kilo meter di hutan lindung itu. Dan kini, status yang terbakar sudah dipadamkan petugas. Kemal mengklaim, saat ini jajaran di BBKSDA Riau sudah melaksanakan tugasnya.
 
"BBKSDA sudah melaksana tugas
di dalam menjaga kawasan hutan lindung di Riau itu dengan secara benar. Pengawasan sesuai fungsi kita, namun untuk di area konsesi perusahaan itu bukan merupakan kewenangan kami, tetapi merupa kewajiban mereka," ujarnya.
 
Sementara sebelumnya, Kepala Daerah Operasi BBKSDA untuk Kabupaten Siak, Edwin menyebut bahwa temuan akan kasus terjadi pembalakan liar di kawasan hutan lindung Zamrud, bukannya bagian pengawasan dari pihaknya. Hal ini merupakan areal lahan produksi.
 
"Penemuan pembalakan liar dan kebakaran lahan terjadi di lahan produksi di KM 83, KM 84, dan KM 87. Sedangkan, areal yang masuk dalam pengawasan kita berada di KM 89 ke atas. Maka daerah tersebut bukan merupa kewenangan kami," terangnya.
 
Edwin juga menyebutkan, lahan terbakar belum masuk berstatus sebagai hutan lindung, namun ini masih hutan produksi. Artinya itu terbakar buka masuk di kawasan hutan lindung. Dikarena diwacana sebagai taman marga satwa, itu tanggungjawab Dishut Siak.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru