riau24 Kemarau Panjang Berbagai Cara Mendapatkan Air | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kemarau Panjang Berbagai Cara Mendapatkan Air

0
Warga Buat Sumur Gali Pinggir Sungai
Berita Riau -  Kemarau Panjang Berbagai Cara Mendapatkan Air

Kuansing-Riau24.com-Berbagai cara yang dilakukan warga untuk mendapatkan air, ada yang menfgambil air ke tetangga, ada yang menjemput ke sungai-sungai, ada yang membeli air, ada yang mendapatkan air melalui air PAM dana da pula yang menggali pinggir sungai batang kuantan dengan membuat sumur gali.

Hal ini disebabkan dimana-mana air sumur semakin kering dan kalau pun ada hanya bagi warga yang memiliki sumur yang sangat dalam maupun sumur bor. Sebab dengan terjadinya musim kemaraui yang sangat panjang ini tentu saja sumur warga menjadi kering dan tanah pun retak-retak.

Musim kemarau ini warga terpaksa keluar kampung mencari air bersih, guna menghadapi kelangkaan air tersebut tak jarang warga mencari air ke berbagai tempat dan ada juga yang menggunakan sepeda motor maupun gerobak. Setelah mengisi wadah sebagai tempat membawa air langsung bersepeda motor maupun dengan gerobak.

“ Kami terpaksa melakukan seperti ini, dengan mengguankan gerobak yang meminta air ke tetangga, meskipun jarak tempuh sekitar 500 meter, sekarang lagi kesulitan air minum,” Ungkap kak panim (58) ketika bincang-bincang Menurutnya, sudah berbulan-bulan warga sudah kesulitan air bersih karena kemarau, jika di lihat sumur warga yang tidak kekeringan hanya sekitar 10 buah sumur saja dan selebihnya kering termasuk sumur yang ada di rumah. karena itulah guna mengatasi kebutuhan air minum, terpaksa menggangkut dengan menggunakan yang dapat membawa jerigen sekitar tiga sampai empat buah.

" Hal seperti ini untung saja bagi kami, karena ada sebagian warga yang menggali maupun membuat sumur gali di pinggir sungai kuantan, karena air sungai kuantan juga semakin keruh dan tak layak di konsumsi. makanya guna mengatasi kesulitan air harus dilakukan seperti ini.

Dari pantauan memang terlihat banyak warga yang mencari air ke berbagai tempat, ada yang meminta ke tetangga, mengambil air sungai batang antan, membuat sumur gali di pinggir sungai batang kuantan, bahkan ada juga yang membeli air.

" Jika diharapkan air sungai tidak layak konsumsi dan bahkan untuk mandi saja sudah tidak bisa, karena sehabis mandi maka kulit akan terlihat putih dan bahkan ada yang berwarna kemerah-merahan dan begitu juga air PAM juga tidak sampai ke daerah ini," Tukasnya. 

R24/awa/zar 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru