riau24 441,7 HA Pangkalan Indarung Dibangun Trase Batas | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

441,7 HA Pangkalan Indarung Dibangun Trase Batas

0
HPT Batang Lipai Siabu (dok.kapurnews)
Berita Riau -  441,7 HA Pangkalan Indarung Dibangun Trase Batas

Kuansing-Riau24.com- Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi akan melakukan trase batas (Inclub) desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi, yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang. Namun untuk melakukan inclub tersebut, perlu berkoordinasi dengan Bupati Kuantan Singingi.

Sebab untuk merubah kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Batang Lipai Siabu menjadi Area Pengguna Lain (APL) Desa Pangkalan Indarung dengan luas 441,7 hektar, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kehutanan Nomor 8 Tahun 1978 tanggal 9 september 2014.

“ Kawasan HPT Batang Lipai Siabu menjadi APL Desa Pangkalan Indarung, seluas 441,7 hektar, berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Kehutanan bahwa Desa Pangkalan Indarung telah dikeluarkan dari kawasan HPT menjadi APL,” Ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi, Pramudio Nandar, SP didampingi Sekretaris Abriman, S. Hut ketika dihubungi. 

Sebagai langkah awal, maka Dinas Kehutanan akan melakukan trase batas bersama unsur pemerintah desa dan tokoh masyarakat. Jadi kalau dulu lahan tersebut tidak bersertifikat, akan tetapi dengan telah menjadi APL, maka lahannya telah bisa bersertifikat, sebutnya.

“ Kegiatan ini awal tapal batas, dimana dulu lahan tersebut tidak bersertifikat akan tetapi dengan telah menjadi APL, maka lahannya telah bisa bersertifikat,” Paparnya.

Namun untuk melakukan perobahan dari kawasan HPT menjadi APL, maka tim terpadu dan perjuangan yang sangat panjang, misalnya untuk merobah kawasan HPT Lipai Siabu Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi tersebut, telah dilakukan sejak tahun 2007 lalu, ujarnya.

 Sehingga kawasan HPT Lipai Siabu yang dulunya ada sekitar 14.000 hektar, maka sekarang ini yang telah bersertifikat sekitar 441,7 hektar dan sisa 13.558,3 hektar lagi. Dengan demikian maka Desa Pangkalan Indarungs aat sekarang ini telah jelas titik-titik batas, yang mana nantinya dapat dipergunakan untuk aktivitas perkebunan dan usaha lainnya, “ Tukasnya.

R24/awa/zar 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru