riau24 Lahan Milik Perusahaan Asing Diduga Dibakar | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Lahan Milik Perusahaan Asing Diduga Dibakar

0
Ilustrasi Lahan Terbakar
Berita Riau -  Lahan Milik Perusahaan Asing Diduga Dibakar

Inhu-Riau24.com-Salah satu perusahaan sawit milik pengusaha asal negara Singapore PT Tugupalma di Desa Paya Rumbai Kecamatan Seberida, untuk kali kedua "dibakar”, setelah dua pekan lalu api berkobar di areal lahan yang sudah lama di landclearing, untuk ditanami kelapa sawit.

Mewakili pihak PT Tugu Palma yang juga Kepala Desa Payarumbai, Rusman Yatim dikonfirmasi (21/10/2015) mengakui, telah terjadi kebakaran lahan di areal landclearing luasan 100 hektar.

Menurut Rusman, terjadinya kebakaran lahan yang sudah dilandclearing seluas 100 hektar tersebut, 20 hektar diantaranya terbakar, sementara asal api merayap dari lokasi masyarakat yang berdampingan dengan kebun PT Tugu Palma milik warga Singapore itu. Kebakaran lahan yang luasan 20 hektar itu terjadi dua pekan silam yang sudah dipadamkan oleh tim Karhutla Pemkab Inhu.

 “Kami tidak melakukan hal seperti membakar lahan yang sudah dilandclearing itu, tapi rembetan api yang  datangnya dari lahan masyarakat sekitar,” kata Rusman Yatim.

Terkait kembali terbakarnya lahan di areal landclearing PT Tugu Palma, Rabu (21/10/2015), Rusman Yatim menyatakan tidak mengetahui hal tersebut, sebab dia sedang mengurusi urusan sekolah anaknya di Airmolek.“Saya baru tahu dari konfirmasi wartawan hari ini,” ujar Rusman.

Ditambahkan Rusman sang Kades Payarumbai ini, luasan areal PT Tugu Palma sebagaimana Izin Usaha Perkebunannya (IUP) yang diterbitkan Pemkab Inhu adalah 2.086 Ha, 700 Ha diantaranya sudah ditanami kelapa sawit, 100 hektar sudah dilandclearing dan 1.286 Ha masih hutan.

Akibat terjadinya kebakaran lahan yang 20 Ha dua pekan silam itu, pihak penyidik Polres Inhu sedang melakukan proses penyelidikan terhadap lahan yang terbakar, karena Rabu (21/10/2015) tadi, mendapat pemberitahuan dari tim penyidik Polres Inhu, bahwa pihaknya akan turun ke lapangan guna menyaksikan areal yang terbakar.

Sejumlah warga Payarumbai menyebutkan, mereka baru saja menyaksikan terbakarnya lahan leanclearing PT Tugu Palma Rabu (21/10/2015) sekitar pukul 13.30 Wib, hingga saat ini tidak ada upaya pemadaman dari pihak perusahaan.

Terpisah, Kanit Tipiter Satreskrim Polres Inhu, Iptu Abdan dikonfirmasi Rabu (21/10/2015) menjelaskan, pihaknya sedang melakukan pendalaman perkara terkait terjadinya kebakaran lahan di areal PT Tugu Palma, Payarumbai, Seberida. 

Untuk memastikan terjadinya masalah, pihaknya melakukan peninjauan lokasi dimana terjadinya kebakaran lahan itu, sejauh ini masih melakukan peninjauan terhadap yang diduga perusahaan PT Tugu Palma itu merupakan milik warga Singapore. 

R24/awa/ton 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru